Libur Lebaran, Gunungkidul Targetkan 300.000 Wisatawan

111
Dari atas bukit, seorang bocah mengamati Pantai Gesing. Keberadaan bukit-bukit karang di Gunungkidul bisa dijadikan benteng dari ancaman tsunami. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, menargetkan 300.000 kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2018. Sebagai salah satu tujuan wisata,  pemerintah berupaya membuat rekayasa arus lalulintas untuk menghindari kepadatan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti menyatakan, selama libur Lebaran ditargetkan 300.000 wisatawan, dengan jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 2,6 miliar.

Diperkirakan wisatawan masih akan memilih pantai sebagai tujuan utama.

“Kami optimis target wisatawan bisa tercapai, karena melihat antusiasme wisatawan maupun pemudik yang berwisata saat libur Lebaran,”katanya Sabtu (09/06/2018).

Dalam upaya memberikan kenyamanan pengunjung, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap kondisi destinasi wisata yang ada. Mulai dari penambahan personel penjaga tempat pemungutan retribusi, hingga petugas kebersihan.

Baca Juga :  BBM Jenis Premium Menghilang

Pihaknya juga mengimbau kepada para pedagang yang ada di kawasan wisata untuk tidak memanfaatkan situasi dengan mematok harga tinggi.

Beberapa kawasan wisata yang menjadi andalan diantaranya kawasan pantai, Goa Pindul, Kalisuci, dan destinasi alam lainnya termasuk Gunung Api Purba Nglanggeran. “Kami berupaya semua wisatawan nyaman saat berkunjung,”ujarnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan, pihaknya bekerjasama dengan berbagai instansi mulai Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kepolisian, Kodim 0730, kecamatan dan desa yang memiliki destinasi wisata, hingga Dinas Perhubungan. Ada 530 personel yang disiapkan untuk ikut menjaga keamanan selama libur Lebaran. (SM)