Libur Nasional, Sardjito Tetap Diserbu Pasien

229
Layanan Poli di RSUP Dr Sardjito yang tetap buka, Rabu (27/06/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah menetapkan Rabu (27/06/2018) sebagai Hari Libur Nasional bertepatan dengan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak di seluruh Indonesia. Meski sejumlah instansi tutup, namun layanan kesehatan tetap berjalan seperti biasanya.

RSUP Dr Sardjito Yogyakarta misalnya tetap membuka layanan kesehatan mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Nomor HK 02.03/XI.3/13503/2018.

“Kami tetap buka sehingga masyarakat bisa memanfaatkan layanan kesehatan sesuai yang dibutuhkan,” ujar Kepala Bidang Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan SH MHLi.

Menurut Banu, berdasarkan hasil rekap yang dilakukan hingga pukul 09.21 WIB, sejumlah poli dipadati pasien dari berbagai kota. Sebut saja pasien Rawat Jalan dan Instalasi Kanker Tulip sudah mencapai angka 1.161 pasien.

Baca Juga :  Miris, Lumba-lumba Hidung Botol Mati di Trisik

“Kami bersyukur banyak masyarakat ora kecelik karena sebagai rumah sakit rakyat kami melayani dengan hati,” jelasnya.

Petugas medis, paramedis dan karyawan juga berjaga seperti biasa. Namun mereka yang berdomisili di luar kota, khususnya di daerah yang melaksanakan pemungutan suara pilkada diberikan hak libur.

“Kasihan masyarakat yang butuh pengobatan kalau libur. Apalagi jogja tidak ada pilkada sehingga karyawan asal jogja tetap masuk,” ungkapnya.

Banu menambahkan, selain layanan kesehatan, RS tersebut juga menggelar Halal Bihalal 1439 H pada Selasa (26/06/2018). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mempererat tali silaturahim civitas Hospitalia RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.(yve)