Screening tim Liga Sepakbola Pelajar, Selasa 95/9/2017). (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) menggagass Liga Sepakbola Pelajar dalam rangkaian Hari Olahraga Nasional (haornas) tahun ini. Kompetisi tersebut mempertandingkan sejumlah kelompok umur seperti U-12, U-14, U-16 dan Liga Mahasiswa mulai 7-9 September di DIY dan Magelang, Jawa Tengah.

“Liga sepakbola ini dimaksudkan sebagai percepatan sepakbola dan pembinaan generasi muda. Kemenporea melakukan pembinaan dari berbagai kelompok umur,” ujar Kabid Olahraga Pendidikan Menengah Bidang Olahraga dan Pemuda Kemenpora, Ari Mulyadi disela screening tim dari berbagai propinsi se-Indonesia di Hotel Sahid Babarsari, Selasa (5/9/2017).

Pembinaan berdasar kelompok umur itu, menurut Ari sebagai upaya menyiapkan regenerasi tim nasional (timnas) Indonesia untuk masuk ke U-19 dan U-21. Selain itu menyiapkan mereka untuk masuk ke level internasional.

Baca Juga :  Tim Futsal Wartawan Kalahkan DPRD

Tak hanya melalui kompetisi, Kemenpora melakukan pembinaan dengan pendampingan dari tim pemandu bakat. Sebut saja pelatih dari Persis Solo, Persiba Bantul dan Persita Tangerang.

“Pesepakbola pelajar juga disiapkan untuk mengukur kemampan di level internasional. Diantaranya pada Oktober mendatang,” jelasnya.

Sementara terkait Liga Sepakbola Pelajar kali ini, Koordinator Teknis, Muhammad Kusnaini atau dikenal dengan panggilan Bung Kus menjelaskan, sekitar 1.400 pesebakbola pelajar mengikuti kompetisi tahun ini. Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan tahun lalu sebanyak 1.150 atlet pelajar.

“Untuk u-12 dan U-14 dan U-16 diikuti atlet pelajar dari 32 propinsi, sedangkan liga mahasiswa diikuti delapan propinsi,” jelasnya.

Pertandingan, lanjut Bung Kus akan digelar di sejumlah lapangan. Di DIY, pertandingan dilaksanakan di Stadion Kridosono, Stadion Pancasila UGM, Stadion AAU, Stadion Sultan Agung dan Stadion Tridadi serta Lapangan UNY, Lapangan Batu Retno dan Lapangan Muntuk.

Baca Juga :  25 Tahun Absen, Jogja Tuan Rumah World Junior Champhionships

“Di magelang, pertandingan juga digelar di sejumlah lapangan mulai pukul 07.00. Puncaknya dilaksanakan dalam perayaan haornas,” jelasnya.(yve)