Lihatlah, Para Siswi Cekatan Merias Wajah

219
Siswi SMKN 1 Sewon mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK)  di sekolah tersebut, pekan lalu. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dengan cekatan para siswi SMKN 1 Sewon Bantul merias wajah model, mengeriting, memotong maupun melakukan creambath rambut.

Sebagian lagi membuat baju dengan model-model nan indah dan menawan. Selebihnya sibuk membuat kue serta menyajikan laiknya di restoran.

Pekan lalu, sebanyak 484 siswa kelas XII mengikuti  Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2018. Mereka terbagi dalam empat keahlian yakni tata busana, akomodasi perhotelan dan perjalanan wisata, keahlian kulier (jasa boga dan pastry), tata kecantikan kulit dan rambut serta Teknik Jaringan Komputer (TJK).

“UKK diperlukan untuk mengetahui standar hasil pembelajaran dan dilaksanakan setiap tahun. Untuk keperluan UKK kami menggunakan tim penilai dari Lembaga Sertifikasi Profesi 3 yakni dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) ataupun LSP 1 yakni dari Satuan Pendidikan DIY,” kata Dra Sudaryati MPd, Kepala SMKN 1 Sewon  didampingi Wakasek Bidang Humas, Dra Suwantini.

Baca Juga :  Ini Harapan PKL Alun-alun pada Bupati

Mereka yang lolos uji kompetensi akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bisa digunakan di dunia kerja.

Seandainya ada siswa tidak lulus, mereka  berhak mengikuti UKK perbaikan. “Selama ini Alhamdulillah kami selalu lulus 100 persen,” katanya.

Sekolah yang baru saja meraih predikat terbaik DIY Lomba Sekolah Sehat (LSS)  itu  selalu mengutamakan kualitas pendidikan dan juga menyediakan  tempat praktik yang selalu up date dengan dunia kerja.

Lulusan SMKN 1  Sewon memiliki standar keahlian sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. “Saat memasuki dunia kerja mereka tidak gagap, karena memang sudah diperkenalkan di sekolah ini dunia kerja mereka seperti apa,” katanya.  (sol)

Baca Juga :  Cerita tentang Gajah Seharga Mobil Baru