Lima Siswa SDN 2 Sokaraja Kulon Keracunan

458
Lima siswa SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, Sokaraja, yang keracunan minuman serbuk susu coklat dirawat di Puskesmas Sokaraja 1, Rabu (17/01/2018). (prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Nasib apes menimpa lima siswa SD Negeri 2 Sokaraja Kulon,Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Gara-gara mengkonsumsi minuman serbuk susu coklat merk “Giziku Milkku” dan “Susu Mas Crispy” saat jam istirahat, Rabu (17/01/2018), kelima anak itu dilarikan ke Puskesmas Sokaraja 1. Belakangan diketahui, minuman yang dijual oleh Muk (47),warga Desa Kajongan,Kecamatan Bojongsari,Purbalingga itu ternyata sudah kedaluwarsa, September 2013.

Kelima siswa yang keracunan itu, Shesar Ado Ruhyatno (10), Bagas Dwi Maulidin (9), Evan Nur Kaerudin (11),Muafa Azmi (10) dan Prasetyo Wicaksono (9). Mereka merasakan gejala yang sama setelah minum minuman beracun dan sudah kedaluwarsa hampir lima tahun itu,yakni kepala pusing,mual , muntah-muntah, dan sakit di bagian perut serta ulu hati .

“Karena khawatir terjadi sesuatu, kami langsung menghubungi orangtua masing-masing siswa, dan langsung membawa ke Puskesmas Sokaraja 1. Setelah mendapat perawatan intensif, kondisi ke lima siswa itu membaik,” ujar Kepala SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, Rita Yudha Rini SPd dalam keterangannya kepada polisi dari Polsek Sokaraja.

Baca Juga :  Ada Gunungan Ikan dan Bregada Berkuda di Tambakbayan

Menurut Rita Yudha Rini, saat istirahat jam 09.00, sebagian siswanya membeli susu serbuk yang dijual Muk di dekat halaman sekolah. Para siswa tertarik membeli,karena ada iming-iming, bagi yang beruntung, dapat hadiah ikan cupang yang dibungkus plastik.

Setelah mengkonsumsi, tangan anak-anak kelihatan hitam,karena terkena lunturan cat yang menutupi “Exp September 2013”. Mereka lalu lapor ke guru.

“Ada siswa yang sudah minum sedikit, ada beberapa yang minum sampai habis,” ujarnya.

Atas kondisi itu, si penjual minuman segera dipanggil ke ruang guru,dan dimintai fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dan setelah penjual itu pergi,beberapa saat kemudian, kelima siswa yang mengkonsumsi menunjukkan gejala yang sama , kepala pusing, mual , muntah-muntah, dan sakit di perut serta ulu hati.

Baca Juga :  Mayat Perempuan Ditemukan di Bulak Sawah

Guru dan siswa lainnya pun menjadi geger. “Dalam perawatan di Puskesmas Sokaraja 1,kelima siswa diinfus. Setelah infus habis,dan diberi obat, kondisi mereka membaik, lalu diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Ini pelajaran berharga bagi kami, agar tidak terulang lagi kejadian seperti ini dikemudian hari,” ujar Rita Yudha Rini.

Kasus keracunan minuman es serbuk itu, mendapat perhatian dari Polsek Sokaraja dan Koramil 04/Sokaraja, Banyumas. “Berdasarkan pemeriksaan di Puskesmas Sokaraja 1, kelima anak itu murni jadi korban keracunan minuman susu serbuk,” ujar Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sokaraja Kulon, Serma Sugianto. (yve)