LIPI Bagikan Bibit Durian Unggul

213

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 100 undangan mengikuti kegiatan diseminasi Iptek, Rabu (28/03/2018), di Embung Abimayu Dusun Sentul Desa Ngropoh Kranggan Temanggung.

Kegiatan ini merupakan program LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) untuk meningkatkan kualitas produk unggulan daerah utamanya bidang pertanian.

Diseminasi Iptek bertema Pemanfaatan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Daerah tersebut dihadiri Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Temanggung, Sudaryanto, anggota Komisi VII DPR RI, Bapeda, Muspika Kecamatan Kranggan mauoun anggota Gapoktan dari Kecamatan Kranggan dan Kaloran.

Sudaryanto mengatakan, kegiatan ini merupakan program lanjutan dalam upaya peningkatan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan sentuhan teknologi diharapkan mampu menaikkan daya saing produk unggulan daerah khususnya durian, kopi dan kelengkeng.

Pada masa lalu, tiga jenis buah tersebut pernah menjadi salah produk pertanian unggulan Kabupaten Temanggung.

“LIPI mempunyai tugas dan peran dalam peningkatan kemampuan ilmiah masyarakat serta memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Sudaryanto.

Salah satu langkah untuk mewujudkan tanggung jawab melalui kegiatan pembinaan ilmiah dalam rangka peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan.

Diseminasi Iptek ini merupakan tindakan inovasi yang disusun dan dikembangkan berdasarkan perencanaan.

Dr Sasa Sofyan Munawar, Kepala Bidang Inkubasi dan Alih Teknologi LIPI menegaskan, kota-kota yang telah dikunjungi antara lain, Purwokerto, Lampung, Tarakan dan Minahasa.

Desa Ngopoh merupakan daerah paling menarik karena berada di atas bukit dan tanahnya subur. Dalam acara itu LIPI menyerahkan bantuan bibit durian unggul kopi serta kompos sebanyak sejumlah 110 Kg. (sol)