Literasi Informasi Berdayakan Masyarakat

105
Rapat Kerjasama Bidang Perpustakaan dan BPAD DIY, di Ruang Seminar Grhratama Pustaka, Balai Layanan Perpustakaan, BPAD DIY. Senin (16/04/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kerjasama dalam mewujudkan literasi informasi perlu dikembangkan dengan berbagai macam upaya. Hal itu penting agar tercapai pemberdayaan masyarakat secara bersama-sama

“Adanya kerjasama yang baik akan menumbuhkan semangat masyarakat untuk saling berbagi dan memberikan informasi yang diperlukan bersama,” ujar Fx Wahyu Widiantoro dari Fakultas Psikologi, Universitas Proklamasi (UP) 45 dalam  Rapat Kerjasama Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, di Ruang Seminar Grhratama Pustaka, Balai Layanan Perpustakaan, BPAD  DIY. Senin (16/04/2018).

Acara yang dibuka Kepala BPAD DIY, Dra Monika Nur Lastiyani MM. Hadir sebagai pembicara, Joko yang merupakan perwakilan dari Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) DIY dan uradi Indra Wijaya, SPd dari TBM. Mata Aksara. Peserta yang hadir antara lain perwakilan staf Perpusda DIY, perwakilan Rumah Sakit Dr. Sardjito DIY, perwakilan pengelola perpustakaan Pakualaman, perwakilan Universitas Alma Ata DIY, perwakilan Komunitas ibu professional DIY.

Baca Juga :  Empat Parpol di Purbalingga Tidak Ikut Pemilu

Menurut Wahyu, penguasaan literasi informasi pada dasarnya berbasis keterampilan (skills-based literacy). Keterampilan tersebut terdiri dari kemampuan mencari informasi, memilih sumber informasi secara cerdas.

“Sehingga masyarakat bisa menilai dan memilah-milah sumber informasi, menggunakan serta menyajikan informasi secara etis,” paparnya.

Sementara Nuradi mengungkapkan, upaya nyata peningkatan literasi di masyarakat salah satunya yang telah dilakukan oleh perpustakaan bernama Mata Aksara.

“Berawal dari keinginan membudayakan membaca, memiliki perpustakaan sendiri hingga saat ini buku-buku di perpustakaan tersebut bermanfaat bagi orang lain,” ungkapnya.

Monika menambahkan, salah satu tugas BPAD yaitu mendorong berkembangnya literasi melalui pemberdayaan sumberdaya dan mitra kerja di bidang perpustakaan dan kearsipan.

“BPAD DIY juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dan berbagai instansi lain untuk mengembangkan kompetensi literasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Pencuri Masuk Rumah, Malah Ditinggal Tidur

Joko menyebutkan, usaha pemerintah untuk memfasilitasi program yang ada antara lain dikelola oleh BKPM DIY melalui ketentuan yang berlaku.(*/yve)