LKBH UP 45 Buka Posko di Klaten dan Pubalingga

218

KORANBERNAS.ID–Lembaga Bantuan dan Konsultasi Hukum (LKBH) Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta membuka posko LKBH di Klaten pada 16 November 2017. Selang dua hari berikutnya LKBH UP 45 Yogyakarta kembali membuka posko LKBH di Desa Rabak, Kecamatan Purbalingga Jawa Tengah.

Puguh Windrawan, SH MH selaku Kepala LKBH menjelaskan bahwa LKBH kampus mempunyai fungsi sosial. LKBH tidak hanya sebagai tempat mengadvokasi masyarakat, tetapi juga tempat tumbuhnya idealisme membantu masyarakat.

Posko LKBH didirikan di berbagai daerah berfungsi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang berada dekat dengan Posko tersebut, agar tidak perlu jauh-jauh datang ke kota untuk mendapat pendampingan dan konsultasi hukum

Sedikit cerita tentang Posko LKBH yang baru saja dibuka pada 16 & 18 November kemarin sudah ada masyarakat yang datang dan konsultasi berkenaan dengan masalah hukum yang sedang mereka hadapi

Baca Juga :  Stipram Resmi Miliki Satmabhara

Dasar Hukum berdirinya LKBH ini adalah Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum yang dikhususkan bagi masyarakat tidak mampu untuk mencari keadilan.

UU tersebut sejalan dengan visi dan misi LKBH MASKIN yang didirikan 7 tahun lalu. LKBH MASKIN sudah berbuat melaksanakan tugasnya namun hanya sebatas memberikan penyuluhan hukum bagi masyarakat tidak mampu seperti di desa-desa.

Sementara untuk mendampingi atau membela para pencari keadilan sampai pada pengadilan tidak terlaksana oleh karena hanya para advokat yang bisa berdasarkan UU Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat. Maka dengan lahirnya UU tersebut LKBH MASKIN akan semakin leluasa mendampingi para pencari keadilan yang nota bene tidak mampu. LKBH MASKIN didukung para pengurus yang rata-rata advokat dan akademisi serta para sarjana hukum lainnya. (*/SM)

Baca Juga :  UNY Makin Diperhitungkan di Luar Negeri