Loko Coffee Shop Hadir di Kawasan Malioboro

Pengunjung Bisa Nikmati Kopi Sambil Amati Kereta Api Melintas

372
Loko Coffee Shop di kawasan Malioboro, dengan ornamen unik berciri khas kereta api. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Satu lagi tempat nongkrong hadir di pusat Kota Yogyakarta. Kali ini, PT Reska Multi Usaha sebagai anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), menghadirkan Loko Coffee Shop.

Lokasinya yang sangat strategis di ujung utara Jalan Malioboro tepatnya di Emplasemen Stasiun Tugu Jalan Pasar Kembang, menjadikan kafe tersebut sangat ideal untuk bersantai.

Sambil menikmati kopi, pengunjung juga bisa mengamati kereta api sedang melintas. Loko Coffe Shop diresmikan, Minggu (24/06/2018) sore, oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro.

Sebelumnya terdapat empat Loko Cafe yang sudah beroperasi yaitu Cabang Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Gubeng dan Stasiun Gambir.

Ada satu hal yang unik dari Loko Coffee Shop dibanding cabang Loko Cafe yang lain yaitu adanya live brewing kopi Nusantara dari para barista lokal yang dapat dinikmati langsung oleh para pengunjung.

“Kita ingin mengangkat kearifan lokal. Sudah terkumpul para ahli kopi dan kita harus majukan kopi kita sendiri. Stasiun-stasiun coba kita buka untuk memberi kesempatan kopi nasional,” kata Edi.

Baca Juga :  Dua Kelompok Bentrok, Satu Luka Kena Bacok

Pihaknya memberikan dukungan penuh karena kehadiran Loko Coffe Shop memberi dukungan bagi lingkungan kawasan pedestrian Malioboro. “Pengunjung yang datang rindu ingin datang kembali, seperti lagunya Katon Bagaskara,” kata dia.

Suasana Loko Coffee Shop yang nyaman. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Edi Sukmoro menambahkan, Loko Coffee Shop ini awalnya dikonsep untuk meningkatkan kenyamanan para calon penumpang kereta api pada saat menunggu keberangkatan di stasiun.

Namun kini berkembang menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan untuk tambahan destinasi wisata kuliner yang nyaman di Yogyakarta.

Dia mengakui, minat masyarakat terhadap kuliner dan ketertarikan yang besar terhadap kopi, membuat PT Reska Multi Usaha tergerak untuk membuka cabang baru Loko Café dengan konsep Coffee Shop.

Lokasinya yang nyaman dengan konsep semi outdoor membuat pengunjung dapat menikmati suasana hiruk pikuk Kota Yogyakarta sambil menikmati hidangan khas Loko Coffee Shop Malioboro yang buka selama 24 jam.

Bertemakan Medang, Madang, Jagongan atau Minum, Makan, Nongkrong Loko Coffee Shop hadir dengan makanan dan minuman tradisional Yogyakarta yang dapat dinikmati mulai pukul 00.00 hingga 07:00 di antaranya Brongkos Koyor, Gudeg Koyor dan Wedang Ronde.

Baca Juga :  Pesan Bupati, Jangan Remehkan Lawan Tanding

Sedangkan pada pukul 07:00 hingga 00:00 pengunjung dapat menikmati sajian ala kafe seperti Bakmi goreng, Nasi Goreng, Chicken Gordon Bleu.

Dirut PT KAI (Persero), Edi Sukmoro (tengah), bersama jajarannya pada acara peresmian Loko Coffee Shop, Minggu (24/06/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

Dan minuman yang patut dicoba tentu saja kopi dengan banyak pilihan single origin dari berbagai daerah di Indonesia dengan metode espresso atau manual brew.

Tidak hanya urusan kuliner saja, pengunjung Loko Coffee Shop Malioboro juga akan dihibur oleh live music dengan tema berbeda setiap harinya dari band asal Yogyakarta mulai pukul 20:00.

Senin khusus untuk musik beraliran Latina, Selasa (Beatles Dmasta), Rabu (Reagee Positive Vibration), Kamis (Keroncong Komunitas), Jumat (Andree Baskara & Friend), Sabtu (Deplastik All Genre) dan Minggu untuk Astro Country.

Usai diresmikan diharapkan Loko Coffee Shop Malioboro ini menjadi salah satu cara memanfaatkan lahan menjadi lebih produktif dan memberikan usaha untuk tata kota yang lebih menarik dan menambah opsi wisata kuliner di Yogyakarta. (sol)