Lomba Menulis Cerpen Berhadiah Rp 10 Juta

174
Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, HY Aji Wulantara SH Mhum. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dalam rangka menumbuhkan kecintaan terhadap tata nilai budaya lokal di kalangan siswa, Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman menggelar lomba menulis cerita pendek (cerpen) bagi siswa SMP dan SMA/SMK.

“Lomba cerpen yang diselenggarakan pertama kalinya ini mengambil tema Reaktualisasi dan revitalisasi sejarah Kabupaten Sleman dengan total hadiah sebesar Rp 10 juta,” kata HY Aji Wulantara SH MHum, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Sleman, Senin (03/09/2018).

Menurut Aji batas akhir pengumpulan tulisan pada 15 September 2018 dan dikirim via email ke publikasi.budaya@gmail.com.

Ketentuan lomba di antaranya meliputi hasil karya bukan plagiat dan saduran yang dinyatakan dengan surat pernyataan, belum pernah dipublikasikan di media cetak, online, blog ataupun media sosial, sesuai dengan tema.

Baca Juga :  Harga Cabai Kembali Melambung

Masing-masing peserta hanya berhak mengirimkan satu hasil karya. Hasil karya berbahasa Indonesia 6 hingga 10 halaman kertas A4 dengan spasi 1,5 dengan font times newroman 12.

Karya tulis dilarang mengandung unsur SARA, pornografi dan sadisme. Kemudian dikirim bersama biodata ke publikasi.budaya@gmail.com dengan subjek Judul Cerpen/Nama Peserta/Kelas/Nama Sekolah.

“Bagi 50 pengirim pertama bakal memperoleh kaos cantik secara gratis,” katanya.

Karya tulis dinilai oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya berdasarkan kesesuaian tema, dramatika cerita dan ekspresi kebahasaan.

“Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Semua karya yang masuk akan dipilih lima terbaik untuk masing-masing kategori SMP dan kategori SMA/SMK,” tambahnya.

Hasil kejuaraan akan diumumkan secara terbuka melalui media massa, website kebudayaan.slemankab.go.id, FB Disbud Sleman dan IG @slemanberbudaya. (sol)

Baca Juga :  24 Persen Penduduk Menjalani Perilaku Sedentari Lebih dari 6 Jam Perhari