Lomba Permainan Tradisional Meriahkan Peringatan HUT RI  

54
Tarik tambang antar SKPD Pemkab Sleman cukup menarik perhatian penonton di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (15/08/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan berbagai lomba permainan tradisional bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 17 Kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Sleman di Lapangan Pemda Sleman, Rabu (15/08/2018). Adapun permainan tradisional yang diperlombakan yaitu gobag sodor, bakiak, tarik tambang dan egrang.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum, Arif Haryono. Dalam kesempatan tersebut Arif menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut bertujuan untuk memeriahkan serta menggugah kembali semangat untuk memperingati HUT RI ke-73.

Alasan dipilihnya permainan tradisional dalam penyelenggaraan lomba tersebut yaitu karena memiliki makna atau nilai yang relevan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia dalam rangka mengisi kemerdekaan.

Baca Juga :  Perangkat Desa pun Berkeliling Dusun

“Bisa kita lihat permainan egrang, tarik tambang dan lainnya itu kan memerlukan satu kerjasama juga memerlukan suatu kerja keras, dan kebersamaan. Itulah nilai-nilai yang relevan dan dulu telah dilakukan oleh para pejuang dalam rangka memperebutkan dan mempertahankan kemerdekaan,” katanya.

Kepala Seksi Pembinaan, Pengembangan Olahraga Prestasi Dispora Sleman, Sutrisno yang sekaligus menjadi Koordinator kegiatan tersebut mengatakan kegiatan yang melibatkan seluruh OPD dan 17 Kecamatan di lingkungan Pemkab Sleman ini diikuti oleh sebanyak 896 orang.

“Dalam kegiatan ini seluruh kategori perlombaan dilaksanakan serentak di Lapangan Pemda Sleman hingga selesai yang diperkirakan sampai sore dan hanya diselenggarakan satu hari,” paparnya.

Seluruh peserta nampak antusias. Tidak hanya peserta, masing-masing OPD dan Kecamatan juga melibatkan sejumlah penonton yang hadir untuk ikut memeriahkan serta menyemangati para peserta yang tengah berlomba.

Baca Juga :  Bank BTN Bantu Mahasiswa UP 45 Rencanakan Biaya Studi

Adapun hasil sementara perlombaan dari masing-masing kategori yaitu kategori lomba egrang putera dimenangkan oleh perwakilan PDAM yang meraih juara pertama. Sedangkan lomba Egrang kategori Putri dimenangkan oleh perwakilan dari DP3AP2KB.

Sementara untuk lomba bakiak kategori putra dimenangkan oleh perwakilan Sekretariat Daerah. Sedangkan kategori putri dimenangkan oleh perwakilan Bappeda. Sedangkan untuk lomba tarik tambang kategori putra dimenangkan oleh perwakilan Dinas Sosial dan untuk kategori putri dimenangkan oleh perwakilan RSUD Sleman. (SM)