Lomba Poskamling Ciptakan Keamanan

75
Warga Sleman mengikuti lomba Poskamling Sleman 2018.(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Sleman, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Lomba Pos Keamanan Keliling (Poskamling) Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Sleman. Lomba yang berlangsung mulai 3 – 28 September 2018 diikuti oleh 17 Padukuhan yang mewakili tiap kecamatan di Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Akhmad Edi Santoso, Jumat (21/09/2018) mengatakan tujuan diselenggarakannya lomba tersebut untuk mengikutsertakan peran masyarakat dalam menjaga keamanan wilayah masing-masing. Menurutnya berdasarkan Undang – Undang Dasar 1945 bahwa setiap warga Negara Republik Indonesia berhak ikut serta dalam usaha pertahanan dan kemanan negara.

Ia berharap melalui lomba tersebut seluruh masyarakat sadar akan tugasnya bahwa rasa aman adalah keinginan bersama dan harus diciptakan bersama dengan kekompakan warga masyarakat. Sehingga dengan terciptanya keamanan masyarakat tentu akan mampu meningkatkan kesejahteraan.

Baca Juga :  Tidak Ada Hujan, Air dari Gorong-gorong Meluap

“Dengan terciptanya rasa aman dan nyaman, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Adapun Kriteria penilaian lomba Poskamling, menurut Edi, Secara umum diantaranya kelengkapan pos ronda, keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan pos ronda, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Poskamling, dan Keterampilan awak kamling yang dinilai sewaktu simulasi yang diadakan.

Dalam pelaksanaan penjurian petugas poskamling diminta tim juri untuk mempraktikan simulasi penanganan penyakit masyarakat, seperti penangkapan begal, kebakaran, dan maling.
Selain itu tim juri juga menilai langsung perlengkapan perlengkapan yang ada di Poskamling seperti alat P3K, peralatan penerangan (Senter), buku adminitrasi dan buku tamu, kentongan dan peralatan pendukung lainnya.

Perlombaan tersebut memperebutkan total hadiah Rp 16,5 juta dan yang mendapatkan juara pertama akan mengikuti lomba ketingkat Polda DIY. Adapun tim juri pada lomba tersebut terdiri dari instansi Satpol PP, UPT Damkar, Kodim 0732 Sleman, dan Polres Sleman. (yve)

Baca Juga :  Sitoresmi Prabuningrat Pimpin Parfi