Longsor di Bruno, Seorang Meninggal

548

KORANBERNAS.ID – Hujan yang turun Jumat (27/10/2017) malam mengkibatkan tanah longsor di beberapa desa wilayah Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

Di Desa Karanggedang RT 05 RW 02 dua rumah milik warga bernama Tarsono (56) dan Kusnadi rata tertimbun material tanah  berasal dari tebing di belakang rumah.

Material tanah yang menimpa dua rumah warga tersebut, akibat gerusan air hujan. Bencana alam tersebut terjadi sekitar pukul 23:00 di saat warga beristirahat.

Tak hanya itu, pemilik rumah bernama Tarsono menjadi korban dalam bencana itu. “Tarsono kami temukan sudah meninggal dunia di bawah longsoran tanah,” ucap Budhi Hardjono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Sabtu (28/10/2017) siang.

Baca Juga :  Bambang Brodjonegoro Anggap Modal Sosial Ini Penting untuk Persatuan

Dia menerangkan, saat kejadian, seisi dua rumah itu sedang tertidur pulas. Beruntung anggota keluarga yang lain selamat dan hanya menderita luka ringan di tubuhnya.

“Hujan juga mengakibatkan tertutupnya akses jalan desa sepanjang 20 meter. Beruntung kami telah berhasil mengevakuasinya,” jelas Budhi.

BPBD, Tim SAR dan para relawan berjibaku menyingkirkan material tanah setinggi dua meter yang menutup jalan. Evakuasi sedikit terkendala.

Selain jalan yang sempit dan tak memungkinkan evakuasi menggunakan alat berat, timbunan tanah juga disertai material kayu dari pepohonan yang ikut tumbang. Siang tadi, akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor. (sol)