Longsor Menimbun Rel KA di Delapan Titik

511

KORANBERNAS.ID — Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Bandung Jawa Barat, Rabu (22/11/2017) malam, mengakibatkan  tanah longsor  di beberapa tempat  di jalur selatan kereta api (KA).

Tanah longsor yang menimbun rel kereta api (KA) setidaknya  terjadi  di delapan titik antara Stasiun Cipendeuy dan Stasiun Bumiwaluya. Ada 12 KA yang melewati  jalur selatan Jawa terganggu perjalanannya.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto,   Ixfan Hendriwintoko, kepada koranbernas.id, Kamis (23/11/2017)  pagi menjelaskan, perlu  waktu  sampai  24 jam untuk menormalkan  rintangan jalan (rinja).

Akibat longsoran tanah di rel KA, ada 12 KA  terganggu   perjalananya, terutama kereta api dari arah Bandung tujuan Purwokerto,  Yogyakarta, Solo  dan Surabaya atau sebaliknya.

Kereta api yang terganggu perjalananya adalah KA  Malabar Jurusan Bandung  – Malang, KA Kahuripan jurusan  Kiaracondong – Kediri, KA Mutiara Selatan jurusan Bandung – Surabaya Gubeng, KA Lodaya  jurusan Bandung – Solo, KA Turangga jurusan Bandung – Surbabaya Gubeng, serta KA Serayu jurusan Pasar Senen – Bandung – Purwokerto. Kereta api yang sama dengan tujuan Bandung atau Kiaracondong  bernasib sama.

Setelah  terjadinya longsor, di  Daop 5 Purwokerto  ada  ratusan penumpang  enam KA itu  dialihkan moda angkutan melanjutkan perjalanan  menggunakan bus hingga daerah tujuan.

Sebagian penumpang di Stasiun KA Purwokerto tujuan Bandung akan dialihkan perjalananya  dengan bus, Kamis (23/11) dini hari.  (istimewa)

Mereka penumpang dari stasiun Maos, Sidareja dan Banjar serta Tasikmalaya. “ Semalam sampai dini hari tadi, ada 615 orang penumpang tujuan Bandung dialihkan perjalananya dengan bus,“  kata Ixfan Hendriwintoko.

Manajemen  PT  KAI pun mengubah pola  perjalanan  jalur selatan dari arah Bandung, ke Cikampek,  Cirebon dan  Purwokerto. Waktu dan jarak perjalanan dengan perubahan rute perjalanan ini  lebih jauh dan lama.

Diharapkan, Kamis (23/11) malam  perjalanan  KA di jalur selatan Jawa kembali normal, setelah rinja di daerah Bandung teratasi. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan  penumpang,“  kata Ixfan Hendriwintoko.

Calon penumpang yang membatalkan rencana perjalanan berhak menerima kembali uang pembelian tiket sebesar  100 persen dari biaya yang telah dikeluarkan.  (sol)