Luar Biasa, Peminat KIA Membludak

265
Camat Sedayu Fauzan Muarifin didampingi Muspika dan Lurah Desa Argosari, M Faturrahman menyerahkan KIA kepada perwakilan orang tua, Selasa (13/03/2018) siang. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Peminat Kartu Identitas Anak (KIA) di Kecamatan Sedayu luar biasa besar. Masyarakat antusias untuk mencarikan kartu identitas bagi anaknya yang berusia 0 tahun-16 tahun demi kepentingan si anak tersebut.

Seperti terlihat  saat Karang Taruna “Taruna sari” Desa Argosari menggelar kegiatan pembuatan KIA massal di Balai Desa setempat, Selasa (13/03/2018). Kegiatan itu dipantau langsung oleh Camat Sedayu Fauzan Muarifin, Danramil  Sedayu Kapten (Inf) Kusmin, Panit 1 Polsek Sedayu, Iptu Agus Supraja SH serta Lurah Desa Argosari M Faturrahman.

Dari lokasi pembuatan KIA massal diketahui, kuota KIA 150 keping sesuai angka yang ditetapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, ternyata yang mendaftar 800 orang lebih. Sehingga pihak panitia dari karang taruna memberlakukan waiting lis.Yang mendaftar lebih awal yang mendapatkan kesempatan lebih dahulu.

“Untuk pendaftaran ini kami berkoordinasi dengan kepala dukuh se Desa Argosari. Ternyata antuasinya luar biasa besar sehingga kita buatkan antrean. Jika nanti ada program lagi, nama yang sudah masuk kita masukan pada kegiatan tahap berikutnnya,”kata Ketua KT “Taruna Sari”, Triyanto kepada koranbernas.id di lokasi.

Baca Juga :  Festival Warung Hik Meriahkan Hari Jadi klaten

Adapun persyaratan untuk membuat KIA, orang tua harus membawa foto si anak ukuran 2X3 sebanyak 2 lembar (kecuali anak di bawah 5 tahun KIA tanpa foto-red), FC KK dan FC KTP kedua orang tua. Pembuatan KIA ini gratis alias tidak dipungut biaya sedikitpun.

“Pembuatan KIA massal sebagai bentuk bakti Karang Taruna bagi masyarakat Argosari. Kami berharap apa yang dilakukan memberikan manfaat bagi semuanya,”kata Triyanto.

Selain kegiatan KIA massal, KT yang baru menjalani proses verifikasi lomba KT tingkat kabupaten ini juga menjalankan banyak kegiatan.

Seperti pelatihan budidaya jamur tiram bagi anggotanya untuk meningkatkan keterampilan dan bisa dikembangkan sebagai usaha ekonomi produktif.  Juga ada kegiatan wisata bekerja sama dengan pengelola restoran Sobo Ndeso. Ada 10 anggota KT “Taruna Sari” menjadi instruktur di karts tubing dengan start di Dusun Gayam dan finish di Dusun Jurug  dengan rute sungai sekitar 1,2 kilometer. Saat menyusuri sungai, wisatawan menaiki ban besar yang telah dipersiapkan pengelola dan alat keselamatan lain seperti helm.

Baca Juga :  Ketupat Raksasa dari Kue Siap Pecahkan Rekor LEPRID

“Tentu yang menjadi instruktur adalah anggota karang taruna yang sudah mengikuti pelatihan. Disana ada sharing,  sehingga menjadi pemasukan untuk kas karang taruna dan digunakan untuk beragam kegiatan kita,”kata Triyanto.

Termasuk diantaranya kegiatan bhakti kepada masyarakat Camat Sedayu Fauzan Muarifin memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna Argosari.

“Apa yang dilakukan oleh teman-teman karang taruna tentu memberikanmanfaat besar bagi masyarakat. Apalagi KIA memang penting bagi kepentingan identitas anak, ketika yang bersangkutan belum memenuhi syarat untuk memiliki KTP,” kata Camat Fauzan.

Selain tentunya dengan KIA massal memudahkan masyarakat, karena petugas Disdukcapil yang melakukan jemput bola ke lokasi yang ditentukan lengkap dengan peralatan yang mereka miliki. (SM)