Lulus Kuliah Seharusnya Tak Hanya Dapat Ijasah

176
LANTIK-- Cungki Kusdarjito, Rektor UJB melantik Wakil Dekan, Kepala UPT dan Biro di kampus setempat, Senin (31/07/2017).

KORANBERNAS.ID — Di era global yang penuh persaingan ini, lulus kuliah dari perguruan tinggi (PT) seharusnya tak melulu mendapatkan ijasah. Mahasiswa perlu dibekali ketrampilan lain agar siap terjun ke dunia kerja.

“Menghadapi perubahan jaman, lulusan tidak hanya dibekali satu bidang keahlian namun juga kompetensi lain,” ujar Cungki Kusdarjito, Rektor Universitas Janabadra (UJB) disela pelantikan 18 Wakil Dekan, Kepala UPT dan Biro di kampus setempat, Senin (31/07/2017).

Keahlian tersebut, menurut Cungki bisa didapat melalui kerjasama PT dengan sejumlah asosiasi profesi. Mahasiswa diwajibkan mengikuti uji kompetensi sesuai jurusan masing-masing.

Universitas bekerjasama dengan sejumlah lembaga profesi untuk melaksanakan uji kompetensi mahasiswa. Di UJB misalnya, kampus tersebut bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Kontrusksi (LPJK) untuk memberikan kursus dan melaksanakan uji kompetensi mahasiswa dari Fakultas Teknik. Dalam waktu dekat mereka menjalin kerjasama dengan Persatuan Insiyur Indonesia dalam program serupa.

Baca Juga :  Transformasi UIN Tingkatkan Minat Mahasiswa

“Saat lulus, mahasiswa mendapatkan sertifikat pendamping selain ijasah yang dapat digunakan untuk masuk ke dunia kerja sesuai kompetensi mereka,” jelasnya.

Sementara Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra, Suryadirman mengungkapkan selain Sumber Daya Manusia (SDM), UJB perlu terus meningkatkan akreditasi, baik institusi maupun program studi (prodi).

“Para dekan dan wakil dekan baru diharapkan dapat segera meningkatkan akreditasi masig-masing fakultas,” imbuhnya.(yve)