Maguwoharjo Kini Punya Pasar Ikan

264
Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun memukul gong sebagai tanda diresmikannya Pasar Ikan di Pokdakan Santan Mina Lestari, Desa Maguwoharjo, Selasa (28/11/2017).(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun meresmikan Pasar Ikan di Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Santan Mina Lestari, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Selasa (28/11/2017). Pasar ikan ini, diharapkan dapat memperpendek rantai pemasaran, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan di Kabupaten Sleman.

Sri Muslimatun mengungkapkan bahwa para petani ikan di Kabupaten Sleman harus mampu bersaing dalam proses budidaya dan pemasaran ikan. Menurutnya hal tersebut dapat tercapai dengan adanya kerjasama oleh semua pihak.

“Minimal harus ada empat unsur. Pertama unsur pemerintah. Kedua unsur pengusaha, bapak-bapak ini juga termasuk pengusaha budidaya ikan. Ketiga unsur akademisi. Terakhir adalah unsur kelompok masyarakat,” paparnya.

Sri Muslimatun berharap dengan hadirnya pasar ikan tersebut, akan memudahkan para petani ikan memasarkan hasil budidaya ikannya kepada masyarakat. Para petani bisa langsung bertransaksi dengan konsumen.

‘’Sehingga diharapkan akan meminimalkan peran broker yang kadangkala justru menjadi pihak yang memperoleh keuntungan lebih. Dengan keberadaan pasar ikan ini, saya berharap usaha perikanan akan makin semarak,” ungkapnya.

Acara tersebut bertepatan dengan kegiatan Forum Silaturahmi Tiga Bulanan Keluarga Perikanan Kabupaten Sleman yang ke-78. Forum tersebut merupakan sarana silaturahmi pembudidaya ikan di Kabupaten Sleman sekaligus sebagai wadah untuk bertukar wawasan terkait budidaya ikan.

Hadir sebagai narasumber pada kesempatan tersebut Dr Ir Hardaningsih MSi dari Departemen Perikanan Universitas Gajah Mada. (SM)