Mahasiswa Baru STTNas Dibekali Kemandirian

362

KORANBERNAS.ID —  Selama tiga hari Senin-Rabu (28-30/08/2017) Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTNas) Yogyakarta menggelar Orientasi Studi Pengenalan Lingkungan Mahasiswa Baru (Ospelmab) 2017. Kegiatan itu diikuti 900 mahasiswa baru.

Sebelumnya kampus tersebut juga mengadakan pra-Ospelmab 2017 pada 24-26 Agustus 2017. Adapun tema besar Ospelmab tahun ini adalah Kemandirian dan Persatuan Kesatuan NKRI.

“Ospelmab 2017 lebih menekankan pada persatuan dan kesatuan, sebab mahasiswa baru STTNas ini berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Melalui ini, maka keutuhan NKRI dan rasa toleransi dapat terus dipelihara dengan baik,“ jelas Ir Ircham MT, Ketua STTNas Yogyakarta.

Selain itu, mereka juga memperoleh pembekalan terkait dengan kemandirian. “Kemandirian sangat diperlukan mengingat mahasiswa baru merupakan masa peralihan dari remaja menjadi dewasa. Kemandirian perlu diterapkan sejak dini supaya ke depannya nanti tidak menggantungkan kepada orang lain dalam hal apapun,“ katanya.

Baca Juga :  PT Jangan Ciptakan Jurang Kematian

Ircham juga berpesan, para mahasiswa baru harus menghindari penyalahgunaan narkoba. “Jauhi narkoba, karena narkoba hanya akan menghancurkan masa depan diri sendiri, dan negara,“ paparnya.

Ketua Pelaksana Ospelmab 2017, Achmad Zulfikar, menambahkan hal penting yang juga ditekankan dalam kegiatan tersebut adalah kepemimpinan, dengan narasumber di antaranya Kolonel TNI Muhammad Ruslan.

“Seorang mahasiswa harus mempunyai intelektualitas atau kecerdasan dan bertanggung jawab,“ kata Achmad Zulfikar. (sol)