Mahasiswa Belajar Pentingnya Menata Keuangan Sejak Dini

313
Para pembicara, moderator, dan peserta seminar berfoto bersama usai acara. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan seminar internasional pada 3 Maret 2018. Seminar ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pembekalan bagi peserta untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan kehidupan melalui program soft skill dan hard skil.  Salah satunya dibidang ekonomi yaitu bertajuk “Your Life Today For Bright Future”, bagaimana mengelola keuangan guna mempersiapkan diri menyongsong kehidupan yang cemerlang.

Seminar ini bekerjasama dengan Panin Daichi Life. Acara ini sekaligus digelar dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional tanggal 21 Februari 2018. Hadir dalam seminar ini, Rektor UP45, para wakil rektor, dosen, karyawan dan mahasiswa internasional UP45.

Dosen Ekonomi UP45, Drs. Bambang Sugeng, MM mengatakan pentingnya menata keuangan sejak dini. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Baca Juga :  Banyak Potensi Pariwisata Lokal yang Belum Tergarap

“Umumnya yang dilakukan oleh kebanyakan orang yaitu tabungan, asuransi dan investasi,” kata Sugeng.

Secara umum asuransi adalah proteksi yang tujuannya sebagai perlindungan dari kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan, seperti rawat inap, sakit kritis, kecelakaan dan kematian. Sedangkan investasi bertujuan untuk menumbuhkan uang yang dimiliki untuk tujuan finansial yang ingin dicapai di masa yang akan datang, seperti tujuan dana menikah, tujuan dana pensiun, dana pendidikan anak, tujuan membeli rumah dan tujuan keuangan lainnya.

Sedangkan Kepala Program  Studi Psikologi Up45, Dr. Arundati Shinta lebih menekankan pentingnya setiap orang untuk berpikir positif. Menghadapi berbagai potensi masalah ke depan, kematangan jiwa dan kemauan untuk selalu berpikir positif sangat penting.

Baca Juga :  Si Kembar Kriwil Jadi Referensi Bahan Ajar PAUD

“Apa yang kita lakukan dan ucapkan bersumber dari hati maka kita harus berhati dalam bertindak agar tidak salah dalam mengambil keputusan,” tandasnya.

Terkait seminar ini, Rektor UP 45 Bambang Irjanto menyatakan dukungan penuh. Menurut Rektor, kegiatan semacam ini diharapkan akan membuka wawasan mahasiswa tentang manjemen keuangan dan pentingnya menata kehidupan sejak awal. Dengan menata hidup lebih awal, diharapkan mahasiswa akan lebih siap menghadapi tantangan ke depannya.(*/SM)