Mahasiswa Bisa Beri Masukan ke Pemkab

64
Mahasiswa Fakultas Hukum UII ketika mengikuti kukiah lapangan di Aula lantai III Pemkab Sleman, Selasa (17/04/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menerima kunjungan 150 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) bersama para pendampingnya, Selasa (17/04/2018), di Aula lantai III Setda Kabupaten Sleman. Kunjungan tersebut dalam rangka Kuliah Lapangan dengan tema “Hubungan Eksekutif dan Legislatif dalam Pembentukan Peraturan Daerah (Perda) di Kabupaten Sleman”.

Rombongan mahasiswa Fakultas Hukum tersebut diterima oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sleman, Purwatno Widodo. Dia berharap para mahasiswa dapat mengambil ilmu-ilmu yang ada di Pemkab Sleman.

Menurutnya ada beberapa perbedaan antara ilmu yang diajarkan di materi perkuliahan dengan praktik yang ada di lapangan. Purwatno juga mengapresiasi program dari Fakultas Hukum UII tersebut. Dia mengatakan bahwa Pemerintah Daerah memang harus selalu menjaga komunikasi dengan masyarakat atau akademisi untuk menyusun kebijakan.

Baca Juga :  Pemerintah Ubah Formulasi Distribusi Dana Desa

Lebih lanjut Purwatno berharap mahasiswa UII yang melakukan Kuliah Lapangan tersebut juga dapat memberikan masukan-masukan kepada pemerintah terkait penyusunan Perda di Kabupaten Sleman.

“Jangan sampai berhenti di sini. Mari kita bangun komunikasi antara kita Pemerintah dengan kalangan akademisi,” ucapnya.

Sementara Eko Rial Nugroho SH MH selaku Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Fakultas Hukum UII mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan oleh Fakultas Hukum UII pada setiap semester.

Untuk semester ini dia mengatakan pihaknya telah membagi Kuliah Lapangan menjadi tiga tempat, yaitu Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

“Program ini sudah menjadi icon nya di Fakultas Hukum. Bahkan semester lalu sampai ke DPR RI juga,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bikin Rusuh, Siap-siap Kena Denda Rp 20 Juta

Kegiatan tersebut diisi dengan penyampaian materi terkait penyusunan Perda di Kabupaten Sleman oleh Hendra Adi Riyanto SH MH, selaku Kasubbag Perundang-undangan Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman. Acara diakhiri dengan diskusi tanya jawab dengan para mahasiswa. (yve)