Mahasiswa Pikirkan Kemiskinan, Ini Caranya

76
Pemkab Kebumen menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Jumat (31/8/2018).(nanang wh/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Untuk lebih memperkuat dan mengoptimalkan pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat dan pengembangan wilayah pedesaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Jumat (31/8/2018). Kedua belah pihak melakukan evaluasi kerja sama di Kampus UIN Palembang.

Evaluasi kerja sama dari Pemkab Kebumen dipimpin Pelaksana tugas Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz. Sedangkan dari UIN Raden Fatah dipimpin Wakil Rektor III Dr Roro Rina Antasari MHum. Kedua belah pihak sepakat akan melanjutkan kerja samanya. Kerja sama yang sudah dilakukan UIN Raden Fatah menempatkan 20 orang mahasissa dari FISIP Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten. Mereka mahasiswa angkatan pertans FISIP.

Kepala Badan Perencanan dan Penelitian Pembangunan Daerah Kebumen Ir Djunaedi Faturahman MSi mengatakan, Kabupaten Kebumen dengan jumlah penduduk miskin dengan persentase terbesar kedua di Jawa Tengah, setelah Kabupaten Wonosobo membutuhkan pemikiran mahasiswa. Karena itu kegiatan KKN mahasiswa UIN Raden Fatah di Kebumen bermanfaat untuk lebih menambah pengetahuan masyarakat.

Baca Juga :  Calon Dokter Juara Kulonprogo Idol

Kebumen membutuhkan kerja sama untuk lebih meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan pengembangan UKM (usaha kecil menengah) di pedesaan. Pemberdayaan masyarakat di 2 sektor ini, untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan Kebumen.

Menurut Djunaedi, hingga 2017 tingkat pengangguran di Kebumen 5,58 persen, lebih tinggi dibanding rata rata tingkat penggangguran di Jawa Tengah yang mencapai 4,57 persen. Indeks pembangunan manusia (IPM) Kebumen juga lebih rendah dibanding rata rata Jawa Tengah.

Tingkat IPM Kebumen pada tahun 2016 masih 67,41 persen, sedangkan rata rata Jawa Tengah 69,98 persen. Kerja sama dengan pihak lain, termasuk dengan UIN Raden Fatah sangat untuk lebih untuk lebih mempercepat pengentasan kemiskinan

Baca Juga :  Waspadai Bahaya Kanker Serviks

Pembantu Dekan I FISI UIN Raden Fatar Dr Yenrizal MSi mengatakan, mahasiswa yang ditempatkan KKN di Kebumen selama 30 hari, menjalankan kerja magang untuk menerapkan ilmunya, yakni ilmu politik dan komunikasi. Sehingga mereka ditempatkan di pemerintahan desa.

Mereka KKN di Desa Karangjambu, Jabres dan Sruweng, di Kecamatan Sruweng, Mereka mahasiswa FISIP angkatan pertama, sekarang baru semester 7. Sampai sekarang FISIP UIN Raden Fatah belum meluluskan Sarjana Strata 1(S1). (yve)