Makan Beralaskan Daun Pisang, Rekatkan Kekeluargaan

453
Warga Dusun Bembem makan bersama dengan beralaskan daun pisang.

KORANBERNAS.ID — Ratusan   warga dari RT 03, RT 04 dan RT 14 Dusun Bembem Desa Trimulyo Kecamatan Jetis pada Jumat (8/9) malam, menggelar acara makan bersama beralaskan daun  pisang. Secara gotong royong, warga menyiapkan pelepah daun pisang dan diletakkan di jalan kampung secara bergandengan setelah sebelumnya dialasi dengan tikar.

Selanjutnya nasi, lauk dan gudangan ditaruh di atas daun pisang  yang berjajar memanjang tadi dan setelah didoakan kemudian dilanjutkan acara makan bersama (kembul bujono). Tampak aura kebahagiaan terpancar dari raut  mereka, dan sembari makan mereka saling berbincang ataupun bercanda dengan tetangganya.

Selain acara makan bersama, warga juga dihibur dengan pemutaran video saat warga setempat mengikuti rangkaian lomba takbir Idul Adha yang telah digelar beberapa hari sebelumnya.

Baca Juga :  Kampus Harus Bisa Meracik Kebenaran

Romadhon, Ketua RT 03 mengatakan acara makan bersama itu baru pertama kalinya digelar. Diharapkan kegiatan akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya atau ketika warga usai menggelar sebuah kegiatan.

“Kalau hari ini dalam rangka memupuk kebersamaan dengan sesama warga usai mengikuti rangkaian kegiatan lomba takbir Idul Adha,” kata Romadhon.

Dalam lomba itu warga selain menyiapkan musik takbir, performance yang bagus dengan cara latihan bersama secara rutin juga membuat maskot. Untuk dusun Bembem maskotnya adalah miniatur masjid lengkap dengan menaranya yang terbuat dari irisan-irisan bambu yang dipelitur sehingga tampak indah.

Sementara Iswantini warga setempat mengatakan untuk penyiapan acara para ibu di dusun tersebut, memasak bersama dengan penuh kekeluargaan. Setelah matang, malam harinnya dihidangkan untuk dimakan bersama.

Baca Juga :  Dapat Kursi Roda, Mbah Siyah Berkaca-kaca

”Saya senang dengan acara ini karena warga  satu dengan yang lain kerukunnya lebih meningkat. Saya berharap kegiatan akan dilakukan juga  kalau ada momen kegiatan yang lain,”  katanya. (ros)