Malam Ini Bantul Bertabur Hiburan

319

KORANBERNAS.ID — Bagi masyarakat yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun 2017 ke 2018, di berbagai titik wilayah  Bantul malam ini bertabur hiburan.

Titik sentral keramaian berada di seputaran Pasar Bantul, ada pertunjukan band beraliran Koes plusan di lokasi halaman Pasar yang sangat luas dan baru saja selesai direhab mulai pukul 20:00.

“Masyarakat yang ingin mencari hiburan pergantian tahun bisa datang ke depan Pasar Bantul akan ada band di sana. Pada malam sebelumnya kita gelar juga wayang kulit dengan dalang Ki Seno Nugroho,” kata Drs H Suharsono, Bupati Bantul, Minggu (31/12/2017) siang.

Selain itu,  bagi yang ingin menikmati aneka wahana hiburan  keluarga, bisa datang ke Lapangan Paseban yang hanya berjarak 100 meter selatan Pasar Bantul. Di sana tersedia aneka hiburan seperti mobil-mobilan dengan hiasan lampu warna warni serupa di Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta.

Bisa  juga menikmati makanan dan minuman yang disajikan oleh penjual di seputar lapangan  yang menjadi jantungnya Bantul tersebut. Atu berfoto selfie di  dua patung jathilan berwarna keemasan di taman Paseban persis di timur lapangan.

Baca Juga :  Kata Petani, Sumur Pantek Lebih Irit

Bergeser di Taman Hiburan Rakyat (THR) Gabusan di Jalan Parangtritis KM 9,5 Sewon (utara Water Park) pengunjung akan dihibur oleh Beras Band  Plus, sebuah band beraliran Koes plus.

Direktur Utama PD Aneka Dharma yang membawahi  THR Gabusan, Aditya Hera Nurmoko SIP MM, mengatakan  bagi penggemar aliran musik Koes Plus bisa merapat mulai pukul 20:00.

Harga tiket masuk juga sangat terjangkau Rp 10.000. “Di THR Gabusan selain hiburan juga bisa menikmati aneka makanan dan minuman khas Bantul  tentu dengan harga yang juga merakyat,” katanya.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto HP S Sos berharap malam hari ini cuaca mendukung sehingga arus wisatawan yang menuju ke Bantul juga sesuai prediksi.

“Kami telah melakukan koordinasi baik internal ataupun antardinas dan pihak-pihak terkait. Dalam event pergantian tahun baru ini , kami menambah TPR guna  mengurangi antrean,” katanya.

Dengan demikian wisatawan merasa nyaman, baik melihat obyek wisata, nyaman akses masuk ke obyeknya hingga menikmati  atraksi yang disajikan.

Baca Juga :  Luar Biasa, Peminat KIA Membludak

“Jika malam ini cuaca bagus saya prediksi 100.000 wisatawan masuk Bantul.  Ditambah libur Natal dan libur sekolah, prediksi kita wisatawan bisa 300.000 orang,” katanya.

Dengan demikian maka jumlah restribusi untuk menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul juga meningkat.

Hingga saat ini, menurut Kwin, jumlah PAD  yang dibukukan mencapai Rp  15,1 miliar  melampaui dari target yang ditetapkan di APBD Perubahan yakni Rp 13,75 miliar.

“Hingga akhir malam tahun baru, kendati dilaporkan Januari 2018 tetap kita hitung pendapatan tahun 2017. Saya perkirakan akan mencapai Rp 15,5 miliar,” kata Kwin.

Malam ini untuk memberikan hiburan kepada pengunjung, beragam  seni tradisional dimainkan di sepanjang bentangan pantai selatan seperti Campursari dan band beraliran Koes Plus di Pantai Goa Cemara mulai pukul 20:00.

Puncaknya saat detik pergantian tahun baru akan ada pesta kembang api di atas Pantai Parangtritis yang masih menjadi titik fokus para pengujung menghabiskan malam pergantian tahun. (sol)