Malam Takbir, Polisi Berpatroli Sepeda

187
Aiptu Sunaryo Kanit Provost Polsek Sedayu dan Bripda Pangestika patroli sepeda di malam takbir, Kamis (31/8/2017) malam. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sosok polisi memang tidak mengenal waktu saat menjalankan tugas. Pun di saat banyak orang menikmati libur panjang perayaan Idul Adha dan berkumpul bersama keluarga, bahkan banyak yang mudik ke kampung halaman, namun tidak demikian dengan korp Bhayangkara ini. Mereka tetap bertugas demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, serta menciptakan situasi Kamtibmas sesuai yang diharapkan.

Hal itu pula yang dilakukan dua anggota Polsek Sedayu, Aiptu Sunaryo Kanit Provost dan Bripda Pangestika anggota Reskrim yang menghabiskan malam takbir dengan melakukan patroli sepeda, Kamis (31/8/2017) malam.

Mereka berkeliling dengan dua sepeda yang dimiliki Polsek Sedayu ke beberapa obyek vital seperti PT Pertamina Depo Rewulu, Stasiun KA Rewulu, Museum Memorial HM Soeharto dan titik lain tempat masyarakat berkumpul.

Baca Juga :  Polres Bekuk Sindikat Penipu Rental, Sebagian Anggota Diduga Masih Berkeliaran

“Kami sengaja melakukan patroli sepeda, agar bisa lebih dekat menyapa masyarakat. Jaraknya kebetulan juga tidak jauh dengan Mapolsek,” kata Aiptu Sunaryo. Selain tentunya patroli sepeda juga meningkatkan
kebugaran anggota kepolisian, karena sekalian berolahraga.

Sementara Iptu Agus Supraja SH Panit I Bhinmas Polsek Sedayu mengatakan patroli sepeda dilakukan sejak sebulan silam. Setiap hari dua unit sepeda yang dimiliki Polsek tersebut berpatroli menyambangi
masyarakat termasuk obyek vital yang ada di wilayah ini secara bergiliran.

“Patroli sendiri kami lakukan setiap hari baik sepeda onthel, sepeda motor ataupun mobil . Kami memang ingin menciptakan wilayah Sedayu yang aman dan kondusif,” kata Iptu Agus.

Sedangkan pemilihan patroli sepeda, menurutnya dinilai lebih efektif untuk patroli jarak dekat dan
bisa lebih maksimal untuk menggelar dialog dengan masyarakat.

Baca Juga :  Daerah Rawan, Patroli Akan Ditingkatkan

“Ketika menggunakan sepeda mereka bisa bercengkrama lebih lama dengan masyarakat yang disambangi. Juga bisa mendengarkan apa yang menjadi masukan, keluhan ataupun menyerap informasi tentang situasi Kamtibmas di suatu wilayah,” kata Iptu Agus.

Namun pihaknya menyadari dengan wilayah yang luas dan personil polisi yang terbatas, mereka tidak akan mampu menjalankan tugas secara maksimal tanpa peran serta seluruh masyarakat Sedayu. (yve)