Mamikos Luncurkan Forum Tanya Jawab

Permudah Perantau Lebih Cepat Kenali Lingkungan

88
Suasana kerja di Mamikos.com kawasan Gejayan Yogyakarta. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Pengelola Mamikos.com, aplikasi pencari kos-kosan terbesar di Indonesia, kembali melakukan terobosan meluncurkan layanan baru yang diberi nama Forum Good Senior Mamikos, #CepatCocok dengan Perantauan.

Kehadiran forum tersebut dimaksudkan untuk  memudahkan para calon mahasiswa maupun perantau lebih cepat mengenal lingkungan baru. Hal ini didasari alasan, menjadi perantau bagi sebagian orang barangkali bukan perkara mudah terlebih harus membutuhkan adaptasi.

Cofounder Mamikos.com, Anggit Tut Pinilih, Senin (20/08/2018), mengemukakan di zaman yang serba digital ini, kesulitan beradaptasi di tempat rantau bukan lagi menjadi momok.

“Hal ini karena banyak informasi seputar tempat rantau yang bisa dengan mudah diperoleh dengan menggunakan internet. Ide itulah yang kini dihadirkan Mamikos untuk memfasilitasi dan membantu calon mahasiswa di kota atau tempat kuliah yang baru,” ungkapnya.

#CepatCocok merupakan program kampanye Mamikos, yang ingin mengajak senior atau “kakak” yakni orang yang telah terlebih dahulu berada di kota rantau, membantu memberikan info-info seputar kota dan kampus kepada adik-adik calon mahasiswa yang nantinya akan merantau.

Kakak dalam forum ini disebut sebagai Good Senior. Kampanye #CepatCocok ini lantas diwujudkan dalam bentuk sebuah Forum Online Tanya Jawab antara Kakak dan Adik di website Mamikos.com/forum yang disebut Forum Good Senior Mamikos.

“Ya, bagi sebagian orang, merantau bisa jadi merupakan pilihan hidup karena berbagai alasan yang sifatnya pribadi. Seperti berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan tujuan menetap sementara, baik itu untuk mencari kehidupan yang lebih layak, ataupun untuk mencari ilmu,” jelasnya.

Baca Juga :  Berniat Main Bola, Nasib Naas Timpa Tiga Bocah Ini

Tak hanya merantau untuk mencari pekerjaan saja yang populer, merantau karena mencari ilmu rupanya juga banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia, mengingat banyak sekali sekolah dan universitas terbaik serta ternama yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Anggit menambahkan, Forum Good Senior Mamikos ini diharapkan mampu mewadahi para calon mahasiswa baru. Selain bisa ngobrol secara langsung melalui forum chat, untuk bertanya dan bertukar informasi dengan kakak senior yang telah lebih dahulu kuliah di kota yang sama, mahasiswa perantau dapat mengenal lebih dekat kota atau tempat yang mungkin saja belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

“Forum memuat hal-hal paling kecil hingga urusan mencari literatur yang berhubungan dengan perkuliahan atau pekerjaan di tempat baru, sehingga mereka dapat #CepatCocok dengan tempat baru,” tambahnya.

Selain itu, juga tersedia info kos dan tempat tinggal, area yang banyak warung makan, tempat membeli peralatan kos dan membeli kebutuhan kos, hingga tempat-tempat wisata apa saja yang ada di kota rantau. Semua itu bisa ditanyakan langsung di Forum Good Senior Mamikos.

Media, Community and Public Relations Mamikos, Sri Mona Nurhastuti, menambahkan setidaknya  ada tiga alasan mengapa mahasiswa baru harus menggunaakan Forum Good Senior Mamikos ini.

Pertama, bisa bertanya langsung dengan kakak senior lewat forum tersebut yang telah terlebih dahulu merantau. “Mereka bisa mendapatkan informasi seputar kota tujuan kuliahnya atau kota rantaunya dengan lebih akurat sekaligus menjembatani antara senior dan junior,” kata Mona, panggilan akrabnya.

Baca Juga :  Pelaku Usaha Bingung Urus Izin

Kedua, forum ini juga memiliki fitur-fitur menarik. Beberapa fitur yang dapat dinikmati seperti fitur Love dan Share, dapat digunakan oleh mahasiswa baru bila informasi yang diberikan kakak senior dirasa sangat bermanfaat. Tak hanya itu, fitur Share juga bisa dipilih bila ingin membagikan jawaban kakak senior ke teman-teman lainya.

Hingga saat ini lebih dari sembilan kota besar telah dijangkau oleh Forum Good Senior Mamikos. Sebaran universitas-universitas yang ada di Indonesia juga melatarbelakangi pembentukan kategori Forum Good Senior Mamikos yang di dalamnya dibagi menjadi beberapa kota yakni Yogyakarta, Bandung, Depok, Semarang, Surabaya, Jakarta, Malang, Makassar dan Medan.

Adapun alasan ketiga, ada berbagai rewards yang bisa diperoleh hanya dengan aktif di Forum Good Senior Mamikos. Kakak senior yang bergabung serta ikut aktif di forum ini juga berkesempatan mendapatkan banyak reward seperti poin tertentu bila menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan adik atau mahasiswa baru di forum.

Apabila jawabannya bermanfaat dan mendapat Love, maka ia pun berhak mendapat poin tambahan. “Kabar baiknya, poin-poin yang telah dikumpulkan dapat ditukar dengan pulsa atau uang tunai,” ujarnya.

Mamikos.com adalah platform pencari kos yang tersedia di android, appstore dan web di Indonesia. Saat ini Mamikos.com sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna dan membantu lebih dari 60.000 kos. Pusat operasional aplikasi ini di Perum Gejayan Indah Condongcatur Depok Sleman. (sol)