Manisnya Proyek Bandara, Warga Ingin Dipekerjakan Angkasa Pura

191
Paguyuban warga bertemu Sekda Kulon Progo untuk meminta fasilitasi pekerjaan di mega proyek bandara.

KORANBERNAS.ID — Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo akan segera dimulai, perataan tanah atau land clearing tengah dilakukan. Ketika dalam persiapan pembangunan fisik, ternyata banyak kelompok masyarakat mengajukan permintaan ikut bekerja pada proyek tersebut.
Dari pantauan Koran Bernas pada Senin (11/9) siang, sekelompok anak muda dari Paguyuban Warga Terdampak Bandara Pantai Selatan (Patrapansel) menemui Sekda Kulonprogo Astungkoro agar difasilitasi untuk mendapatkan pekerjaan padai proyek pembangunan bandara yang dilakukan PT Angkasa Pura I.
Fery Wahyudi salah satu anggota paguyuban Patrapansel menyatakan, pihaknya berharap dapat bekerja di proyek tersebut. Namun persoalan yang dihadapi, di tengah persiapan pengerjaan proyek, belum ada sekalipun komunikasi yang jelas kepada warga.
“Kemarin itu, anggota kami ikut mendapat pelatihan security. Dari lima desa yang dilatih ada 40 orang, namun kemudian yang direkrut hanya tiga orang. Lainnya tidak ada kejelasan,” ujarnya.
Dirinya berharap agar di setiap Balai Desa ada informasi tentang rekruitmen tenaga kerja untuk proyek bandara, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui.
Adhi Putra dari Bidang Organisasi dan Media Patrapansel menyatakan, warga terdampak perlu difasilitasi dan mendapat dukungan , agar dapat dikaryakan dalam mega proyek itu. Adhi mengakui paguyuban yang resmi berdiri pada Januari 2017 ini untuk sementara waktu lebih aktif di bidang sosial.
Beberapa kegiatan sosial yang dilakukan seperti kegiatan donor darah. Sementara demi persiapan pengerjaan proyek, paguyuban juga telah membentuk perseroan terbatas dengan beberapa bidang usaha.
Sekda Kulon Progo Astungkoro menjelaskan, Pemkab Kulon Progo sebenarnya telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan PT Angkasa Pura I, namun untuk pekerjaan proyek akan diserahkan kepada pihak ketiga.
Meski demikian Pemkab Kulonprogo berjanji akan berkomunikasi dengan PT Angkasa Pura I agar warga terdampak mendapat kesempatan bekerja di mega proyek itu. “Hanya saja tolong agar masyarakat juga menyesuaikan dengan kualifikasi yang ditentukan PT Angkasa Pura,” ujar Sekda Astungkoro saat menjelaskan kepada kelompok masayarakat yang minta difasilitasi.
Astungkoro pun menyatakan, kelompok masyarakat yang ingin bekerja harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan proyek itu. “Yang pasti Pemkab akan berusaha agar warga terdampak mendapat pekerjaan di proyek bandara,” imbuh Astungkoro. (ros)

Baca Juga :  Panti Asuhan Muhammadiyah Miliki Gedung Baru