Mantab, Kebumen Bebaskan Retribusi 41 Jenis Izin

401
Kegiatan pelayanan perizinan Kantor DPMPT Kebumen. (istimewa)

 

KORANBERNAS.ID–Kabar baik untuk masyarakat Kebumen. Pemerintah Kabupaten Kebumen merencanakan, mencabut retribusi  izin gangguan (HO). Perda yang mengatur tentang ijin gangguan dan retribusi gangguan, saat ini dalam proses pencabutan. Nantinya setelah perda tersebut dicabut maka Izin Gangguan/HO maupun retribusinya dibebaskan.

Rencana penghapusan retribusi Izin Gangguan  disampaikan Asisten Perekonomian  dan Pembangunan Tri Haryono, saat upacara tanggal 17, di Lapangan Setda Kebumen, Selasa (19/09/2017).

Hingga sekarang dari 42 jenis layanan izin yang ada di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kebumen, hanya ada dua jenis izin yang dikenakan retribusi.  Yaitu, IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan PKD (Pemakaian Kekayaan Daerah).

“40 layanan izin gratis,” kata Tri Haryono.

Sejak dicanangkannya pelayanan perizinan secara online, terhitung dari Januari- September 2017, DPMPT Kabupaten Kebumen sudah menerbitkan 1.222 izin. Dengan pelayanan perizinan secara online, warga dimudahkan. Untuk mengurus izin masyarakat tidak perlu bolak balik seperti dulu. Pemohon izin mengambil dan memasukkan permohonan izin dapat dilakukan secara online.

Pemohon izin cukup datang satu kali saja pada saat pengambilan izin. Masyarakat yang akan mengajukan permohonan izin juga tak perlu repot. Blangko permohonan, mekanisme dan tata cara perizinan online dapat diakses melalui website perizinan.kebumenkab.go.id.

DPMPT Kebumen dengan pelayanan perizinan online dengan aplikasi SIPERI pernah mengikuti lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh kemenpan RB. Hasilnya, Kebumen masuk  top 99 tingkat nasional.(SM)