Masalah Sampah Ibarat Bom Waktu yang Siap Meledak

160
Tim lomba kantor desa dan lingkungan sehat  tingkat Kabupaten Bantul didampingi Lurah Desa Sidomulyo Bambanglipuro, Edi Murjito SPd, melakukan evaluasi. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Permasalahan sampah apabila tidak ditangani dengan  baik  bisa menjadi bom waktu, dalam tanda kutip, yang bisa meledak serta menjadi persoalan serius di masa mendatang.

Mulai sekarang, masyarakat harus peduli dan dibiasakan mengelola sampah dengan baik serta turut mendukung terciptanya Bantul Bebas Sampah 2019.

Caranya adalah dengan memilah sampah di tiap rumah tangga masing-masing. Dengan demikian  sampah bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali, termasuk ada yang bisa dikelola secara ekonomis.

Guna melihat pengelolaan sampah di lingkungan kantor termasuk lingkungannya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar lomba kebersihan. Penilaian pertama dilaksanakan di Balai Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro, Senin (05/02/2018).

Tim yang dipimpin Sekretaris DLH Bantul, Indriyanto SIP, selain melihat lingkungan Balai  Desa Sidomulyo, juga melihat lokasi di SMPN 2 Bambanglipuro yang persis berada di barat kantor balai desa serta TK ABA Sidomulyo.

Tim mengecek mulai kondisi ketersediaan bak sampah, saluran air, kebersihan lingkungan, taman, parit, halaman dan semua sudut tidak lepas dari pantauan tim juri.

Selain tim BLH, turut serta jajaran Dinas Pariwisata, Kantor Satpol PP, TNI dan Polri, PKK dan unsur lainnya. “Tim juri ini berasal dari berbagai pihak untuk bisa bersama-sama melakukan penilaian,” kata Indriyanto kepada koranbernas.id di lokasi.

Lomba ini baru pertama kali diadakan oleh DLH, setiap kecamatan diwakili oleh satu kantor desa. “Kami ingin melihat kondisi kebersihan dan lingkungan kantor desa. Termasuk area   di seputarnya,” tambahnya.

Dia berharap dengan lingkungan yang bersih akan memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang mengurus berbagai surat dan keperluan lain di kantor desa masing-masing.

Lurah Sidomulyo Edi Murjito SPd juga berharap  Desa Sidomulyo bisa meraih penilaian terbaik dalam lomba kantor desa sehat tingkat Kabupaten Bantul.

“kami selalu berusaha menjaga lingkungan desa agar bersih dan nyaman bagi kami yang berada di kantor desa saat memberikan pelayanan, ataupun masyarakat yang sedang mengurus berbagai keperluan ke kantor desa,” katanya. (sol)