Masyarakat Bisa Naik KA Eksekutif Jarak Pendek

847
Calon penumpang bisa mengetahui kursi kosong di setiaprelasi melalui monitor yang terpasang di stasiun pemberangkatan, seperti  di stasiun  Purwokerto ini. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Masyarakat yang naik dari stasiun kereta api (KA) Kutoarjo, Purwokerto, Yogyakarta dan Solo bisa menikmati perjalanan  KA eksekutif dan bisnis jarak pendek. Kebijakan  ini diambil manajemen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI DAOP) 5 Purwokerto untuk  meningkatkan minat masyarakat  naik kereta api.

“Kami menawarkan tarif khusus untuk tempat duduk kosong atau idle seat,“ kata Manager  Humas PT KAI DAOP 5 Purwokerto  Ixfan  Hendriwintoko, kepada  wartawan, Kamis (01/03/2018).

Program yang ditawarkan berlaku pada semua kereta api komersial pemberangkatan dari Daop 5 Purwokerto.

Pembelian tarif khusus ini hanya bisa dilakukan 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta dan bisa dibeli di loket stasiun ataupun chanel eksternal yang telah ditetapkan selama tiket masih tersedia.

Baca Juga :  Pasokan Air Kebumen Tambah Melimpah

“Program khusus ini diharapkan bisa lebih menarik minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api,” kata Ixfan Hendriwintoko.

Tarif khusus tidak bisa direduksi, kecuali bagi penumpang anak usia dibawah 3 tahun (infant). Tarif khusus  tidak berlaku pada kereta api tambahan atau fakultatif serta KA PSO, seperti KA Serayu, Kutojaya Selatan dan Logawa.

Selain tarif khusus, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto juga memberikan Loyalty Programs. Layanan ini sebagai  apresiasi kepada pelanggan yang telah setia mempergunakan jasa layanan angkutan kereta api.

Loyalty Programs adalah pemberian tiket gratis kepada penumpang dengan syarat -syarat tertentu,” kata Ixfan.

Syarat untuk mendapatkan loyalty programs, yakni tiket adalah tiket kereta api komersial, tiket atas nama penumpang yang sama, tiket dengan relasi perjalanan stasiun awal sampai stasiun akhir dan atau parsial, searah maupun sebaliknya.

Baca Juga :  Eksekutif Belum Rampungkan Penyusunan RAPBD 2018

Jumlah tiket yang dibutuhkan untuk mendapatkan tiket gratis, diantaranya, 20 tiket dengan rentang waktu 12 bulan, 15 tiket dengan rentang waktu 6 bulan.

Ketentuan untuk mendapatkan tiket gratis yaitu nama KA sama dengan KA pada tiket yang telah dikumpulkan.

“Jika tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa nama kereta yang berbeda, maka tiket gratis akan diberikan dengan relasi yang terpendek pada tiket yang ada dan kelas pelayanan terendah dari tiket yang dikumpulkan, “ kata Ixfan. (SM)