Masyarakat Diimbau Cerdas Dalam Terima Informasi

133
Polres Temanggung melakukan gelar pasukan sebagai bagian dari persiapan menyambut Pilkada Serentak. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Menjelang pilkada serentak tahun 2018 ini, masyarakat diimbau untuk cerdas dalam menerima informasi. Karena media sosial sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi.

“Menyambut pilkada serentak, hendaknya masyarakat Temanggung, pandai-pandai memilah dan memilih informasi,” kata Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo usai melakukan apel gelar pasukan Pilkada di Gedung Pemuda, kemarin.

Diungkapkan, media komunikasi sekarang ini sangat komplek, makanya masyarakat harus cerdas dalam menerima ataupun menanggapi informasi. Media sosial sangat berpengaruh dalam penyebaran – penyebaran informasi.

“Cerdas artinya menanggapi berita-berita yang benar maupun kurang benar. Tolong bijaksana sekali jangan langsung bereaksi. Intinya jangan menyebarkan berita-berita apapun yang diterima kalau itu belum tentu kebenarannya. Lebih baik untuk konsumsi pribadi masing-masing karena itu dapat memicu permasalahan,” tegas Wiyono.

Terkait hal tersebut dalam mengantisipasi adanya isu SARA personel kepolisian Polres Temanggung telah menyiapkan tim dari Satuan Reskrim yang bertugas dalam menangani isu pelaporan masalah tersebut.

Kapolres juga menyampaikan berbagai kerawanan yang bisa terjadi pada saat kampanye seperti kecelakaan lalu lintas, kriminalitas dan juga konflik sosial. Dalam hal ini personel pengamanan gabungan dalam Pilkada telah siap bertugas mulai Senin (08/01/2017) .

Personel pengamanan tersebut terdiri dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Satpol PP dan Damkar, BPBD, LINMAS serta Satgas dari masing – masing parpol yang secara keseluruhan berjumlah 950 personel.

Meskipun demikian, Wiyono juga berpesan untuk para calon agar bisa menyampaikan ke para pendukungnya agar menjaga keamanan khususnya di Kabupaten Temanggung supaya Pilkada berjalan dengan lancar dan aman. (SM)