Mau Tahu Resep Bela Negara?. Ini Jawabannya

Serda Suparinto Babinsa Koramil 05/Pakualaman Bina Linmas Melalui Keakraban dan Persaudaraan.(istimewa)

239

KORANBERNAS.ID–Sebagai wujud perhatian terhadap Linmas di Kecamatan Gondokusuman, Koramil 03/Gondokusuman Kodim 0734/Yogyakarta, melalui Babinsa melaksanakan pembinaan Linmas di Halaman Kelurahan Gunung Ketur, Senin (07/08/2017).

Adapun kegiatan pembinaan meliputi dua macam yaitu pembinaan wawasan kebangsaan serta materi pengetahuan.

Danramil 05/Pakulaman Mayor Inf Heru juga memberikan pengarahan dan menyampaikan materi. Diantaranya tentang Bela Negara dan wawasan kebangsaan. Disampaikannya materi tentang bela negara tujuannya adalah agar anggota Linmas memiliki tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Hal ini penting, dalam rangka menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Disamping itu Linmas diharapkan mengerti bahwa pembelaan negara bukan semata mata tugas TNI, tetapi tugas segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan praktek materi yang dilatihkan adalah tentang Peraturan Baris Berbaris meliputi gerakan ditempat seperti sikap sempurna, sikap istirahat, hadap kanan/kiri, balik kanan, hadap serong kanan/kiri tata cara penghormatan serta beberapa gerakan berpindah tempat.

Kegiatan ini bertujuan agar anggota Linmas dapat melaksanakan peraturan baris berbaris dengan benar serta untuk melatih disiplin dan kerja sama/kekompakan. (sari wijaya/sm/*)