Membaca Buat Kita Tak Gampang Terprovokasi

131
Penyelenggaraan Temanggung Bookfest 2017. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Temanggung menggelar Temanggung Bookfest 2017, yang berlangsung selama lima hari, Kamis sampai Senin, 19-23 Oktober 2017 dengan mengusung tema “Membaca Memicu Hasrat Berinovasi, Tak Gampang Diprovokasi” yang bertempat di halaman kantor Dinarpus Kabupaten Temanggung.

Dalam acara penutupan tersebut hadir Kepala Dinarpus Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Asrofi SSos MSi, Senin (23/10/2017) menyampaikan, membangun berbagai infrastruktur sangat mudah jika ada dananya, namun menumbuhkan minat baca masyarakat untuk lebih sadar bahwa buku adalah jendela dunia (sumber dari berbagai ilmu) sangatlah tidak mudah.

Terbukti dari 62 negara yang disurvi tingkat minat baca masyarakatnya, Indonesia menduduki peringkat ke-61 atau peringkat ke-2 dari bawah. “Hal ini menjadi cambuk buat kita semua seluruh element masyarakat untuk menumbuhkan budaya membaca agar menjadikan karakter bangsa yang tangguh dan cerdas”, ujarnya.

Baca Juga :  Merti Desa Berlangsung Sehari Semalam

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan literasi nasional yang dicanangkan oleh Presiden melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang mengajak masyarakat untuk mencintai buku, membaca dan menulis. Bookfest 2017 sebagai upaya pemerintah Daerah Kabupaten Temanggung untuk meningkatkan minat baca semua kalangan.

Sementara Bupati Temanggung Bambang Soekarno sekaligus membuka acara Bookfest 2017, menegaskan kembali kepada seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung agar selalu membudayakan gemar membaca.

Dengan dukungan sarana dan prasarana yang telah ada di Dinarpus Kabupaten Temanggung, diharapkan masyarakat Temanggung senang dan nyaman untuk sering mengunjungi Dinarpus untuk membaca.

“Tidak dipungkiri lagi dengan membaca kita dapat memperoleh ilmu lebih serta memperluas pengetahuan kita tentang apapun, dan masyarakat Kabupaten Temanggung dapat memperoleh perekonomian yang lebih baik dan layak bagi masing-masing keluarganya”, tandasnya.(yve)

Baca Juga :  Semua Barang di Lapak Shadaqah Gratis