Mendorong Potensi Anak Tidak Cukup Hanya dengan Menggali Aspek Fisik dan Kognitif

166

KORANBERNAS.ID—Mendorong potensi dan prestasi anak, tidak cukup hanya dengan menggali aspek fisik dan kognitifnya. Agar optimal, maka seluruh aspek tumbuh kembang anak, meliputi fisik, kognitif, emosi, bahasa dan social harus digali bersama.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi mengatakan, untuk mendorong anak memiliki 5 potensi prestasi anak generasi maju, orang tua harus menggali lima aspek tumbuh kembang anak yang saling berkaitan satu dengan yang lain tersebut.

Orang tua dan lingkungan sekitar anak diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini yang dapat mendukung si kecil menjadi anak generasi maju.

“Hal ini diperlukan karena lima potensi anak generasi maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini,” kata Anna dalam sessi Festival Sahabat Generasi Maju di Yogyakarta di Taman Pintar Yogyakarta.

Kegiatan ini diinisiasi oleh PT Sarihusada generasi Mahardhika. Pemilihan Taman Pintar, karena merupakan area rekreasi edukatif untuk anak & keluarga, sehingga orang tua dapat berekreasi dengan keluarga sekaligus menstimulasi potensi anak-anak mereka  dengan cara yang menyenangkan melalui wahana edukatif Jejak Nutrisi di Taman Pintar.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, setiap orang tua pasti mengharapkan masa depan yang terbaik bagi anaknya. Untuk itu, orang tua akan selalu berjuang dengan berbagai cara untuk memastikan anaknya dapat memperoleh kesempatan untuk kesuksesan serta kehidupan yang lebih baik dimasa depannya.  Di sisi lain, setiap anak adalah individu yang unik dan memiliki kesempatan serta potensi untuk berkembang.

Salah satu langkah penting yang patut dilakukan oleh orang tua, kata Astrid, adalah memahami tahapan dan aspek tumbuh kembang anak, serta rutin mengasah potensi yang dimilikinya sehingga dapat mendukung si Kecil menjadi anak generasi maju.

“Selama lebih dari 50 tahun kami mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan mengadakan edukasi nutrisi secara rutin untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri,” katanya.

Sebagai wujud nyata terhadap komitmen di bidang pendidikan, SGM Eksplor mengajak orang tua untuk merayakan dan mendukung potensi prestasi yang ada di setiap anak Indonesia melalui kegiatan Sahabat Generasi Maju.

Melalui acara ini mereka mengajak orang tua untuk menceritakan potensi prestasi yang dimiliki oleh si Kecil dengan mengupload foto & cerita potensi prestasi si Kecil ke akun Facebook mulai dari 19 April hingga 8 Juli 2018. Mereka berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai total Rp 1 miliar untuk 25 pemenang.

“Penjurian grand final untuk memilih 25 pemenang ini akan dilakukan pada 27-29 Juli 2018 bertempat di Sumarecon Mal Bekasi,” lanjutnya.

Selain kegiatan di media sosial dan grand final penjurian, juga digelar acara yang dapat mengasah potensi cerdas kreatif dan tumbuh tinggi & kuat si kecil melalui berbagai lomba seperti mewarnai, kegiatan olahraga, serta permainan edukatif lainnya. (*/SM)