Menhub Cek Kesiapan Angkutan KA

314
Menhub Budi Karya Sumadi diwawancarai jurnalis di sela-sela mengecek kesiapan angkutan kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta, Sabtu (19/05/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (19/05/2018), melakukan kunjungan kerja ke Stasiun Tugu Yogyakarta.

Kedatangannya dimaksudkan untuk mengecek kesiapan angkutan Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah. Selain itu, juga memaparkan berbagai kesiapan terkait teknis di lapangan.

Kepada wartawan Menhub menegaskan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero harus bisa memberikan layanan yang aman, nyaman serta ramah kepada seluruh penumpang.

“Ini merupakan satu bentuk komitmen pemerintah kita, untuk memberikan layanan yang maksimal. Saya apresiasi direksi dan karyawan KAI,” ungkapnya.

Khusus untuk daerah-daerah rawan longsor, salah satunya di Jawa Barat yang dimungkinkan bisa mengganggu perjalanan kereta api, Menhub sudah memerintakan PT KAI menyiapkan bahan-bahan bangunan.

Secara keseluruhan, lanjut dia, sejak dua bulan lalu jajaran Kementerian Perhubungan sudah melaksanakan koordinasi dan identifikasi guna menghadapi angkutan Lebaran 2018.

Khusus untuk perjalanan darat non-kereta api, Kementerian Perhubungan pun sudah memerintahkan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan angkutan umum terutama kondisi ban.

Pengecekan ban meski terkesan simpel tapi sangat menentukan keselamatan di jalan raya. “Bayangin kalau bannya sudah rombel-rombel. Gampang pecah. Sederhana tapi penting,” tandasnya.

Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menambahkan, diperkirakan pengguna angkutan kereta api meningkat karena faktor keputusan pemerintah yang melakukan perpanjangan cuti.

Hanya saja dampak dari perpanjangan cuti membawa konsekuensi tidak sedikit calon penumpang kemudian mengubah jadwal perjalanannya. Yang pasti, PT KAI siap memberikan layanan terbaiknya. (sol)