Menikmati Belimbing Wuluh Tanpa Kecut

522
Buah ajaib yang mampu menetralkan rasa kecut. (solahudin alwi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Belimbing wuluh, buah yang satu ini kaya vitamin C namun rasanya sangat masam alias kecut. Inilah yang membuat sebagian orang enggan mengkonsumsinya dalam keadaan mentah.

Namun, ada cara enak untuk menikmati belimbing wuluh fresh langsung petik dari pohon tanpa harus gaber-gaber. Rahasianya ada pada buah ajaib atau sering disebut miracle fruit. Buah berwarna merah menyala dengan nama ilmiah Synsepalum dulcificum ini mampu menetralkan rasa kecut.

Caranya, sebelum makan belimbing wuluh terlebih dulu kunyah dua butir buah ajaib atau lebih sampai rata di seluruh rongga mulut. Setelah itu, langsung sikat saja belimbing tersebut maka dijamin rasa kecut berkurang bahkan hilang berganti rasa manis.

Baca Juga :  THR PNS Dijadwalkan Cair 4 Juni

Di Dusun Bungur Ngawi Jawa Timur, buah ajaib ini relatif mudah ditemukan setelah ada warga yang menanamnya di tanah tegalan.

Dulu, menurut Maliki (75), salah seorang sesepuh Dusun Bungur yang juga penulis buku berbahasa Jawa Rembug Padinan ing Padesan 1, ada satu lagi sejenis buah yang memiliki khasiat serupa dengan buah ajaib itu.

Namanya buah kemlaka. Ukuran buahnya lebih besar dibanding buah ajaib. Selain itu, pohonnya juga lebih tinggi. Begitu buah tersebut dikunyah, setelah itu semua jenis makanan yang masuk mulut berubah rasa menjadi manis. (sol)