Meningkat Signifikan, 43.824 Peserta Ikuti SBMPTN di DIY

284
Peserta SBMPTN DIY mengerjakan ujian tulis di UPN "Veteran" Yogyakarta, Selasa (08/05/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 43.824 calon mahasiswa mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di lima perguruan tinggi negeri (PTN) DIY, Selasa (08/05/2018). Mereka tersebar di UNY, ISI, UGM, UPN “Veteran” dan UIN Sunan Kalijaga serta sejumlah sekolah.

Dari 43.824 peserta, sebanyak 1.845 orang diantaranya mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sedangkan sebanyak 41.979 orang mengerjakan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBK).

Mereka terbagi dalam kelompok Sainstek, Soshum dan Campuran. Selain ujian tulis, sebanyak 2.728 peserta ikut ujian ketrampilan pada hari yang sama.

“Tahun ini peserta SBMPTN di DIY meningkat, bahkan lebih tinggi dari rata-rata nasional,” paparvKetua Panitia Lokal (panlok) SBMPTN DIY, Sutrisna Wibawa disela kunjungan di UNY.

Menurut Sutrisna, kenaikan rata-rata mencapai 10 persen di tiap PTN. Dari data yang dipaparkan tiap Rektor, peningkatan jumlah peserta di UIN lebih dari seribu. Jumlah peserta SBMPTN tahun ini mencapai 10 ribu orang, meningkat tajam dari tahun sebelumnya sekitar 9 ribuan peserta.

Di UGM, tahun ini peserta mencapai 80 ribu, naik dari tahun sebelumnya 69 ribu peserta. UNY mengalami peningkatan dari 43 ribu peserta menjadi 56 ribu peserta dan UPN meningkat dari 26 ribu menjadi 29 ribu peserta.

Dari jumlah itu, sebanyak 24 peserta SBMPTN merupakan kaum difabel. Lima peserta tuna daksa ujian di UNY dan UGM. Sebelas peserta tuna netra lain mengikuti ujian di UNY dan UIN. Tujuh peserta tuna rungu mengikuti ujian di UPN “Veteran” dan UIN.

“Hasil penilaian nanti didasarkan hasil ujian tertulis dan ujian ketrampilan,” jelasnya.(yve)