Merah Putih Berkibar di Bukit Klangon

694
Bendera Merah Putih berukuran 9 x 6 meter berkibar di tiang setinggi 17 meter, Kamis (16/08/2018) di Bukit Klangon, Desa Glagaharjo Cangkringan Sleman. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bendera Merah Putih berukuran 9 x 6 meter berkibar di tiang setinggi 17 meter, Kamis (16/08/2018), di Bukit Klangon Desa Glagaharjo Cangkringan Sleman.

Komandan Kodim 0732/Sleman, Letkol Inf Diantoro, mengatakan upacara pengibaran bendera tersebut bertujuan menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus serta  mengenang jasa para pahlawan.

Pengibaran bendera ini diikuti oleh 1945 orang sesuai tahun kemerdekaan Republik Indonesia, terdiri dari  warga, komunitas relawan, mahasiswa, anak sekolah, hingga pejabat daerah dan anggota TNI.

Alasan dipilihnya Bukit Klangon pada event kali ini, menurut  Diantoro,  karena pernah terjadi pertempuran hebat di wilayah Cangkringan.

Sejarah mencatat pada Maret 1949 terjadi penyerbuan oleh tentara Belanda di sekitaran Argomulyo Cangkringan. Pasukan Belanda membumihanguskan rumah-rumah penduduk di dusun-dusun sekitar Argomulyo.

Baca Juga :  Gunung Merapi Masih Jadi Perhatian

Dari penyerangan tersebut pasukan Laskar Rakyat dan Kadet Akademi Militer melakukan serangan balasan yang memukul mundur pasukan Belanda ke wilayah Kaliurang.

Lebih lanjut Diantoro menuturkan di zaman sekarang, ancaman bukanlah dari tembakan musuh dari tentara Belanda, namun usaha untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan menanggulangi bahaya narkoba.

“Dengan semangat persatuan dan kesatuan, dilandasi nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah, rela berkorban dan keteladanan pantang menyerah, rela berkorban dan keteladanan dari para pemimpin, Insya Allah permasalahan-permasalahan tersebut dapat teratasi,” kata dia.

Upacara pengibaran bendera ditutup dengan pertunjukkan Marching Band dari SMK 1 Cangkringan. (sol)