Merti Dusun Semampir Rekatkan Kerukunan

336
Kirab dalam rangka merti dusun Semampir Desa Argorejo, Sedayu Bantul,Minggu (24/062018) sore dan diakhiri dengan rebutan gunungan. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Untuk pertama kalinya warga Dusun Semampir, Desa Argorejo, Sedayu Bantul menggelar kirab dalam rangka merti dusun, Minggu (24/06/2018) sore. Kirab dilepas oleh Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin dan Lurah Desa Argorejo Ngadimin SH.

Usai dilepas peserta berkeliling jalan pedusunan sekitar satu jam sebelum akhirnya finis kembali di lokasi star yakni halaman masjid setempat. Saat kirab warga mengenakan busana tradisional maupun busana beragam profesi seperti sebuah karnaval. Bukan hanya orang dewasa namun anak-anak juga turut ambil bagian dalam kirab itu.

Untuk peserta yang berasal dari 6 RT tersebut menampilkan kreasi yang menarik mulai mengarak ogoh-ogoh,kirab musik dan seni tradisi hingga membawa gunungan hasil bumi yang dirayah begitu sampai di titik finis dan didoakan oleh pemuka agama.

Baca Juga :  Korban Teror Gereja Bedog: "Saya Menerima Mukjizat Tuhan..."

Joko Purnomo, ketua panitia mengatakan jika kirab ini baru pertama diadakan dan akan rutin digelar tiga tahun sekali.

“Kalau merti dusunnya adalah tahun ke dua,” jelasnya.

Menurut Joko selain kirab akan digelar juga kenduri lintas agama di jalan dusun pada Senin (25/06/2018) malam dan wayang dengan dalang Ki Seno Nugroho pada Selasa (26/06/2018) malam. Adapun tujuan merti dusun adalah sebagai wujud ucapan syukur kepada sang pencipta atas berkah dan riski yang diterima oleh warga. Selain tentunya nguri-uri budaya serta merekatkan persatuan dan kerukunan antar sesama.

“Untuk keperluan merti dusun biaya berasal dari swadaya masyarakat termasuk para perantau turut berkontribusi.Demikian pula lingkungan sekitar Semampir,”katanya.

Baca Juga :  Buah Pisang Bikin Awet Kenyang

Sementara Ngadimin SH mengatakan warga di Argorejo heterogen dengan beragam agama.

“Maka momen merti dusun ini juga menjadi sarana pemersatu semua lapisan masyarakat.Tentu pemerintah desa sangat mendukung kegiatan ini,” katanya. (yve)