Mides 2.018 Porsi Langsung Habis

236
Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih memasak mides goreng saat Pundong Ekspo 2018 di rumah produksi Dusun Tulung Desa Srihardono Pundong Bantul, Rabu (09/05/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Pemerintah Kecamatan Pundong menggelar event Pundong Ekspo 2018 di rumah produksi Dusun Tulung, Desa Srihardono Kecamatan Pundong Bantul yang dibuka oleh Wakil Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih, Rabu (09/05/2018).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Disdukcakip Bantul, Bambang Purwadi, Camat Siti Umayati SSos, Muspika Pundong dan disaksikan ribuan warga setempat.

Pada event tahunan tersebut ada hal yang menarik dan beda dari sebelumnya berupa festival makan mides 2.018 porsi yang dibagikan panitia kepada pengunjung.

Angka 2.018 menggambarkan tahun. Bersamaan digelarnya Pundong Ekspo dilakukan peresmian rumah produksi mides dan pertokoan bagi warga setempat.

Antusiasme masyarakat untuk menikmati makanan lokal berbahan baku tepung ketela tersebut sangat besar. Buktinya tidak sampai satu jam, 2.018 porsi langsung habis dinikmati pengunjung Pundong Ekspo.

Dalam setiap porsi mides yang dibungkus daun pisang itu terdapat bumbu pelengkap yakni  irisan ketimun, cabai, irisan seledri, bawang goreng dan irisan kubis.

“Pundong Ekspo yang dilaksanakan 9 Mei hingga 11 Mei ini di antaranya diisi acara menikmati 2.108 porsi mides yang merupakan makanan lokal khas dari wilayah Pundong,” kata Camat Umayati.

Kegiatan  tersebut diharapkan mampu mengangkat potensi kuliner lokal agar tidak hanya mampu berbicara di tingkat Pundong, namun juga Bantul, DIY bahkan nasional. “Saya bahkan punya harapan makanan ini bisa dinikmati hingga mancanegara,” katanya.

Warga menikmati mides dalam acara Pundong Ekspo di rumah produksi Dusun Tulung Desa Srihardono Pundong, Rabu (09/05/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

Selain festival makan mides, ada pula gelar potensi pertanian, teknologi tepat guna, SIM massal hingga perekaman e-KTP bagi masyarakat Pundong bekerja sama dengan aparat kepolisian dan Disdukcapil.

“Saya berharap dengan banyaknya stan ini memberikan manfaat bagi masyarakat yang datang dan warga Pundong secara keseluruhan,” katanya.

Wakil Bupati H Abdul Halim Muslih berharap Pundong Ekspo mampu menggerakan segala potensi di masyarakat, lebih maju dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

Selain melihat potensi Pundong di stan-stan yang ada, Wabup juga berkesempatan memasak mides di gerobak dagangan milik Daryati (45) warga Tulung.

Kurang asin sethithik bu kalau menurut rasa saya…,” kata Wabup usai mencicipi mides yang disambut gerr pengunjung.

“Saya sudah jualan mides sejak lama dan biasanya jualan di rumah. Nantinya setelah peresmian atau habis lebaran, saya akan pindah jualan d isini,” katanya. (sol)