Minat Masuk Kelas Olahraga Tinggi

426
Pertandingan final sepak bola antar sekolah yang memiliki kelas olahraga tingkat DIY antara SMP 13 Kota Jogja dengan SMPN 3 Sleman di Lapangan Mojo, Desa Tirtomulyo, Kretek berjalan ramai, Kamis(28/12/2017) sore. Nampak seorang pemain terjatuh akibat benturan. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Minat masyarakat untuk memasukkan anak mereka ke sekolah yang memiliki kelas olahraga tergolong tinggi. Seperti di SMPN 1 Kretek, dari daya tampung 25 anak atau satu kelas setiap tahun ajaran baru, jumlah pendaftar bisa dua kali lipat bahkan lebih.

“Maka untuk bisa masuk ke kelas olahraga ada seleksi yang harus ditempuh oleh pendaftar tadi,”kata Kepala Sekolah SMPN 1 Kretek, Isbandana Mpd kepada koranbernas.id disela-sela pertandingan final bola antar sekolah yang memiliki kelas olahraga di Lapangan Mojo, Desa Tirtomulyo, Kretek, Kamis (28/12/2017) sore. Pertandingan disaksikan ratusan orang tersebut mempertemukan tim dari SMPN 13 Kota Jogja dengan SMPN 3 Sleman.

Adapun seleksi itu menurut Isbandana yang juga penanggung jawab lomba adalah seleksi berdasarkan kemampuan olahraga, prestasi, fisik, prestasi akademik hingga penghargaan yang dimiliki dari cabang olahraga sesuai yang ditekuninya.

Baca Juga :  Wabup Temukan Kaleng Penyok

“Tim seleksi sendiri memang  ada guru khusus yang memahami bidang olahraga,” katanya.

Untuk sekolah kelas olahraga ada yang tunjukan dari pemerintah pusat dan ada pula  yang mengajukan. Kalau SMPN 1 Kretek merupakan sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi sekolah yang memiliki kelas olahraga, dan telah menerima SK sejak tahun 2010 silam.

Untuk se DIY menurut Isbandana, ada 12 sekolah yang memiliki kelas olahraga yakni Bantul 4 sekolah, Gunungkidul 2 sekolah, Kulonprogo 2 sekolah, Sleman 3 sekolah dan Kota Jogja 1 sekolah.

Selanjutnya 12 sekolah ini setiap tahun menggelar pertandingan olahraga dengan tuan rumah berpindah-pindah antara kabupaten /kota se DIY.

Adapun pelaksanaan lomba untuk tahun 2017 digelar Rabu (27/12/2017) dan Kamis (28/12/2017). Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah sepak bola putra, voli putra putri, bola basket putra putri, sepak takraw putra putri, bulu tangkis putra putri, tenis meja putra putri, tenis lapangan putra putri, catur putra putri serta atletik putra putri.

Baca Juga :  Wisata Kali Konteng Kian Diminati

Jumlah atlet yang terlibat adalah 980 peserta, pelatih dan official 160 orang dan panitia 75 orang. Untuk pelaksanana lomba terpencar-pencar yakni lapangan Mojo Donotirto dan Tirtomulyo, GOR  Donotirto, SMPN 1 Kretek, GOR Desa  Canden, Jetis serta  GOR SMAN 1 Sewon.

“Tujuan kegiatan ini adalah membangun silaturahmi antar sekolah yang memiliki kelas olahraga, Meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang olahraga, meningkatkan kemampuan berkompetisi secara sportif dan peningkatan mutu pendidikan sebagai bagian pembangunankarakter,”katanya. (SM)