Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lakukan Tanam Raya Padi Unggulan

160
Sri Muslimatun bersama MPM PDM melakukan tanam raya padi unggul Jamaah Tani Muhammadiyah Minggir di Bulak Mergan Sendangmulyo Minggir, Senin (10/09/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID– Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun bersama Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MPM PDM) melakukan tanam raya padi unggul Jamaah Tani Muhammadiyah Minggir di Bulak Mergan Sendangmulyo Minggir Sleman, Senin (10/09/2018).

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang tergabung dalam Jamaah Tani Muhammadiyah Minggir, sekaligus diharapkan mampu mendorong produtivitas masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Daerah Muhammadiyah atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami membuka diri untuk pelaksanaan kegiatan serupa di masa yang akan datang,” kata Sri Muslimatun usai melakukan tanam padi bersama jajaran pengurus MPM PDM.

Dalam kesempatan tersebut Sri Muslimatun juga menyampaikan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan di wilayah Kabupaten Sleman.

Baca Juga :  Tol Bawean-Salatiga Ramai Lancar

Dia menuturkan pada tahun 2017 Kabupaten Sleman masih mengalami surplus beras sebesar 101.277.92 ton.

“Upaya-upaya guna mendukung peningkatan produktivitas lahan terus dilakukan dengan pemberdayaan petani melalui penguatan kelembagaan dan usahanya. Kemudian peningkatan kemampuan petani melalui pelatihan, kursus, magang dan sekolah lapang,” paparnya.

Melalui berbagai penguatan kapasitas diharapkan dapat membantu para petani untuk lebih mampu dalam mengelola lahan pertanian secara lebih optimal.

“Saya juga berpesan agar para petani dapat jeli dalam membaca kebutuhan pasar. Misal saat ini masyarakat lebih senang dengan gaya hidup sehat, sehingga lebih memprioritaskan penggunaan bahan pangan organik,” katanya.

Tidak hanya melakukan tanam padi unggulan, petani berkumpul untuk melakukan dialog bersama MPM PDM yang didampingi Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman.

Baca Juga :  Elit Politik Berebut Suara Milenial

Selain itu, sejumlah anak-anak SD diikutsertakan dalam kegiatan menanam padi di sawah. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak dalam bidang pertanian. (SM)