Mudik, Peserta BPJS Kesehatan Bisa Berobat Dimana Saja

169
Konferensi pers “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan“ yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Senin (04/062018) sore. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Peserta BPJS Kesehatan yang mau mudik Lebaran tahun ini, tidak perlu merasa khawatir di perjalanan, jika mengalami gangguan kesehatan di manapun. Dengan program  “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan“ peserta bisa berobat di semua  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Di luar program itu, pelayanan di FKTP hanya di FKTP peserta terdaftar. Dengan  program ini, peserta BPJS Kesehatan bisa berobat di FKTP terdekat, termasuk rumah sakit yang menjadi mitra BPJS Kesehatan.

“Program ini mulai 7 Juni 2018 sampai dengan 23 Juni 2018,“kataKepala Cabang BPJS Kesehatan Kebumen Maya Susanti kepada wartawan, Senin (04/06/2018) sore.

BPJS Kesehatan Cabang Kebumen dalam program menunjuk RSU PKU Muhamadiyah  Sruweng, sebagai mitra BPJS Kesehatan.  Rumah sakit ini bisa melayani pengobatan  medis dasar, bagi peserta BPJS. Sehingga, jika ada peserta yang mengalami gangguan kesehatan, berada paling dekat dengan rumah sakit ini bisa  dilayani, meskipun bukan kasus  kegawatdaruratan.

Baca Juga :  Orang dengan Gangguan Jiwa Butuh Dipedulikan

“Rumah sakit lain mitra BPJS Kesehatan juga bisa melayani,“ kata Maya Susanti.

Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kebumen Widodo Suprihantoro mengatakan, semua puskesmas sebagai FKTP di Kabupaten Kebumen siap   mendukung  program mudik nyaman ini.

Ada 11 puskemas rawat inap siap melayani peserta yang tidak terdaftar di puskesmas bersangkutan. Puskesmas non rawat  inap, tetap melayani, meskipun hari libur.

“Puskesmas non rawat inap tidak buka penuh, ada yang piket,“kata Widodo Suprihantoro.

Pelayanan  di rumah sakit mitra BPJS Kesehatan, berdasarkan kesepakatan  manajemen rumah sakit, mulai Kamis (14/06/2018) sampai dengan Minggu (17/06/2018) tidak ada pelayanan di poli. Poli di rumah sakit buka di luar hari-hari tersebut.

Baca Juga :  Isi Libur Lebaran di Pojok Melukis

Direktur RSU PKU Muhamadiyah Sruweng dr  Hasan Bayuni mengatakan, manajemen rumah sakit yang ia pimpin, siap menyelenggarakan  pelayanan kesehatan peserta BPJS Kesehatan.

Pihaknya sudah menyiapkan sumber daya dan sarana prasarana. Diantaranya menambah stok obat-obatan sampai 30 persen. Kesiapan ini, karena ada trend, jumlah pasien meningkat, di  saat Lebaran. Peningkatan jumlah pasien bisa mencapai 30 persen. (SM)