Museum Benteng Vredeburg Peroleh Tambahan Koleksi

189
Dr Indroyono menyerahkan secara simbolis koleksi Soesilo Soedarman diterima Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Zaimul Azah Kamis (15/02/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta memperoleh tambahan koleksi dari Museum Soesilo Soedirman berupa foto dan replika benda bersejarah. Serah terima koleksi tersebut berlangsung di kompleks Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Kamis (15/02/2018).

Kepala museum Benteng Vredeburg,  Zaimul Azah, mengemukakan museum sangat bergantung pada koleksi di dalamnya.

“Pemberian hibah koleksi benda bersejarah dari berbagai pihak akan memperkuat fungsi museum sebagai ruang publik, tempat pembelajaran serta pendidikan karakter bagi anak bangsa,” ujarnya.

Menurut dia, hibah koleksi dari Museum Soesilo Soedarman tersebut bernilai penting bagi perjalanan perjuangan bangsa terutama perjalanan militer bangsa ini, dengan pelakunya Soesilo Soedarman.

Koleksi tersebut akan dipasang di lingkungan kompleks Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Baca Juga :  Tak Semua Orang Peroleh Kesempatan Berhaji

Zaimul juga berharap hibah itu menginspirasi berbagai pihak melakukan hal serupa menghibahkan koleksi ke museum untuk dipakai sebagai bahan pembelajaran publik.

Dr Indroyono mewakili museum Soesilo Soedarman mengemukakan perjalanan militer bangsa Indonesia mengalami pasang surut selama masa perjuangan.

Koleksi ini  diharapkan memberi inspirasi dan mendongkrak semangat anak bangsa. Institusi militer di republik ini memiliki perjalanan panjang.

“Koleksi yang kami berikan ke Museum Benteng Vredeburg dapat memberi gambaran tentang perjalanan seorang Soesilo Soedarman,” ujar Indro yang pernah menjabat Menteri Kemaritiman di awal pemerintahan Jokowi.

Indro yang juga putra dari Soesilo Soedarman ini menambahkan, tokoh Soesilo Soedarman merupakan bagian penting perjalanan institusi militer Indonesia.(sol)

Baca Juga :  Menakjubkan, Enam Menit Menyelesaikan Tiga Lukisan