Museum Membangun Jati Diri Bangsa

216
Kepala museum benteng Vredeburg Yogyakarta memberikan bingkisan kepada karyawan berprestasi dalam peringatan HUT Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang ke 25 pada di komplek museum, Kamis (23/11/2017).(dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan institusi pemerintah yang memiliki peran strategis dalam pembangunan karakter anak bangsa. Sebab museum menjadi wahana bagi pendidikan dan pembelajaran melalui sejarah agar jati diri bangsa tidak akan hilang namun semakin erat tertanam di hati generasi muda.

“Oleh sebab itu semua pihak yang terlibat di dalamnya harus mampu secara kreatif mengembangkan unsur pendidikan dalam bentuk bentuk pembelajaran yang menyenangkan dan museum benteng Vredeburg Yogyakarta menjadi wahana serta tujuan belajar bagi seluruh lapisan masyarakat agar proses pembelajaran sejarah menjadi lebih efisien dan efektif,” papar Zaimul Azah, Kepala Museum benteng Vredeburg Yogyakarta dalam peringatan HUT Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang ke 25 pada di komplek museum, Kamis (23/11/2017).

Baca Juga :  Sejumlah 1,5 Ton Apem Siap Disebar

Menurut Zaimul, keberadaan museum benteng Vredeburg Yogyakarta saat ini merupakan obyek yang sangat diminati di Yogyakarta. Bahkan menjadi salah satu ikon pariwisata yang ada di Yogyakarta.

Posisi itulah yang perlu terus dimanfaatkan oleh museum untuk memainkan perannya. Apalai Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan museum terbaik negeri yang ada di Indonesia.

“Museum ini berhasil meraih penghargaan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan dan tingkat kunjungan juga terus meningkat di tahun 2016 tercatat 450 ribu orang mengunjungi museum benteng Vredeburg Yogyakarta dan saat ini terdapat trend peningkatan pengunjung,” katanya. (yve)