Museum Merapi Tetap Buka di Tahun Baru

219
Museum Gunungapi Merapi di Hargobinangun Pakem Sleman. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Museum Gunungapi Merapi  (MGM) di penghujung pergantian tahun selalu menjadi pilihan wisatawan mengisi liburannya. Pada Senin 1 Januari 2018 museum ini tetap dibuka untuk pengunjung.

Bahkan pada hari itu digelar pentas musik Koes Plusan oleh Group Rieesma Pluss pimpinan Hestu Widodo dari Butuhan Sendangrejo  Kecamatan Minggir.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara SH MHum, Kamis (28/12/2017) di kantornya Jalan KRT Pringgodiningrat No 11 Beran Tridadi Sleman, mengatakan kunjungan ke MGM pada libur akhir tahun ini cukup menggembirakan.

Selama lima hari sejak Jumat hingga Rabu 22-27 Desember 2017 tercatat sebanyak 10.866 pengunjung. Diharapkan hingga akhir liburan ini pengunjung tetap memilih MGM sebagai salah satu obyek kunjungannya.

Baca Juga :  Sekjen Golkar Tak Boleh Punya Agenda Tersembunyi

Untuk menambah daya tarik bagi pengunjung, Dinas Kebudayaan menambah atraksi cokean pada Minggu (31/12/2017) dilanjutkan Senin (01/01/2018) dengan pertunjukan lagu-lagu Koes Plus.

Aji menjelaskan wisata edukasi melalui koleksi museum saat ini menjadi prioritas kalangan pendidikan. Selain sebagai wahana edukasi kegunungapian, MGM juga menjadi wahana edukasi budaya yang mengajarkan tata nilai dan budaya tradisi masyarakat lereng Gunung Merapi.

Pada 2018 pihaknya secara rutin mengagendakan atraksi bagi para pengunjung MGM setiap akhir pekan dengan berbagai potensi seni dan budaya. (sol)