Mushala Ar-Rahman Warga Nogomudo Diresmikan

211
Bupati Sleman, Drs Sri Purnomo meresmikan Mushala Ar-Rahman di Jalan Nogomudo RW 04, Padukuhan Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman, Sabtu (23/06/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Kerukunan umat beragama dapat terwujud dalam banyak hal. Gotong royong dalam pembangunan rumah ibadah jadi salah satunya.

Warga di Jalan Nogomudo RW 04, Padukuhan Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman misalnya. Warga dari berbagai profesi, latar belakang, agama, suku membangun Mushala Ar-Rahman. Pembangunan mushala yang berdiri sejak 1983 melalui wakaf dari Harto Pawiro tersebut saat ini sudah rampung 95 persen.

Pengembangan mushala dimulai sejak 23 Juli 2017 lalu setelah warga mendapatkan dana dari para donatur sebesar Rp 674 juta, baik berupa uang, material maupun barang. Peletakan batu pertama dilakukan Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSi.

Desain pembangunan mushala dilakukan alumni ATA YKPN dengan koordinator Sunarto ST. Pengerjaan mushala dilakukan selama enam bulan secara gotong royong oleh masyarakat sekitar mushala dan menggunakan tujuh tenaga tukang. Melengkapi desain, mushala menggunakan ornamen khusus yang belum pernah digunakan di tempat lain yang juga merupakan bantuan dari salah seorang warga sekitar, Usman.

Baca Juga :  Ayo Kampanye Stop Kekerasan terhadap Anak

“Total pembangunan hingga diresmikan membutuhkan sebelas bulan,” ujar Takmir Mushala Ar-Rahman sekaligus anggota panitia pembangunan mushala, Dwi Purnomohadi Spd disela peresmian mushala oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo pada Sabtu (23/06/2018) lalu. Peresmian dihadiri sekitar 300 orang terdiri dari Camat Depok, Polsek Depok Barat, para donatur dan warga masyarakat sekitar mushala.

Dwi menjelaskan, direncanakan penyelesaian mushala hingga 100 persen masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 30 juta. Dana tersebut digunakan untuk melengkapi kanopi, kaca patri lantai 2 dan pembuatan gapura masuk mushala.

Sementara Sri Purnomo menyampaikan para donatur yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan mushala dengan iklhas akan mendapat gantinya karena amal baik mereka. Bupati berharap setelah jamaah membangun mushala selanjutnya juga bermai-ramai memakmurkan mushala.

Baca Juga :  Ibu-ibu Sorosutan Sambut HUT Kota Jogja

Takmir Mushala Ar-Rahman lainnya, Ir Ramli Msi serta masyarakat sekitar mushola mengharap dengan telah diresmikannya mushola ini akan memudahkan warga untuk melaksanakan ibadah. Mushala pun lebih makmur dan memberikan manfaat positif bagi semuanya.(yve)