Tim juri lomba desa wisata menilai desa wisata kaki langit Mangunan, Dlingo Jumat (8/9/2017). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Tim juri lomba desa wisata nasional dipimpin Titin Sukarya dari Kementerian Pariwisata melakukan penilaian di desa wisata kaki langit, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Jumat (8/9/2017) siang. Tim juri berkeliling  untuk melihat secara langsung berbagai potensi wisata dan budaya yang ada menggunakan jeep mangunan setelah sebelumnya melakukan penilaian administrasi di sekretariat desa wisata kaki langit.

Tim juga melakukan wawancara dengan pengelola desa wisata serta menilai keberadaan homestay disana. Hadir  dalam acara penjurian adalah Bupati Bantul, Drs H Suharsono dan jajaran pejabat Bantul dari dinas/instansi terkait.Di lokasi, tim juri juga menikmati suguhan seni masyarakat setempat seperti karawitan anak, jatilan serta  klonengan.

Kabid pemasaran Dinas Pariwisata Bantul, Ni Nyoman Yudi Riani SET mengatakan sebelum maju dan dinilai tim juri tingkat nasional, sudah dilakukan penilaian di tingkat Bantul dan DIY.

Baca Juga :  Kader Perempuan Mulai Unjuk Diri

“Untuk tingkat DIY kami mengirimkan 6 desa wisata dan sebanyak 4 yang lolos ke tingkat nasional. Kami berharap bisa meraih nilai terbaik,” kata Nyoman di lokasi.

Dalam penjurian ini, lanjut Nyoman memang dilakukan juga penjurian terhadap keberadaan homestay.

“Homestay ini berperan penting dalam menunjang sektor pariwisata. Karena homestay itu menjadi daya dukung wisata sehingga keberadaanya harus diperhatikan,” katanya.

Homestay haruslah memberikan kesan bagi mereka yang menginap, harus ditata dengan nyaman serta kebersihan terjaga.

“Jangan lupa kebersihan kamar mandi termasuk kloset ini juga mesti diperhatikan. Selain kloset jongkok juga perlu ada kloset duduk,” lanjutnya.

Sementara Bupati Bantul mengatakan sektor pariwisata yang maju dan berkembang akan memberi dampak positif bagi masyarakat Bantul.(yve)

Baca Juga :  Harga Telur Merangkak Naik