Nikita Juara Berbusana Adat Jawa

491
Peserta Lomba Berbusana Jawa Adat Jogja dan Jawa Modifikasi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (10/08/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama panitia HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Sleman mengadakan Lomba Berbusana Jawa Adat Jogja dan Jawa Modifikasi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (10/08/2018).

Ketua TP PKK Kabupaten Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan kegiatan ini diikuti 68 peserta. Selain untuk memeriahkan HUT RI juga sebagai ajang melestarikan budaya Jawa khususnya busana adat.

“Kegiatan ini juga sebagai wadah mengenalkan budaya Jawa khususnya kepada generasi muda. Dengan berbusana adat yang baik mencerminkan kepribadian,” kata Kustini.

Juara I adat Jawa pakem Nikita Uta Danaya dan Aditya Agus dari Seyegan. Juara 2 Diva Suri A dan Rendy Dhanika Laksana dari Godean. Juara 3 Renata Safira N dan Rifki Mahatma dari Mlati. Harapan 1  M Choirul Hafid dan Shinta W dari Depok. Harapan 2  B Ade Nugroho dan Tyas Hadi Angesti dari Tempel.

Sedangkan lomba busana Jawa Modifikasi juara I diraih oleh Taufik Freddy Prihantono (Godean), juara II Riries Caesariana (Minggir), juara III Renata Shafira Narda (Mlati), harapan I Ade Windi (Depok), Annisa Aulia (Turi). Masing-masing pemenang mendapatkan trofi dan uang pembinaan.

Sebelum lomba Busana Adat Jawa dimulai, Pemkab Sleman juga mengadakan senam masal dan jalan santai yang dibuka oleh Sekda Sleman, Sumadi SH MH. Kegiatan ini diikuti perwakilan OPD serta siswa-siswi tingkat SD hingga SMA. Digelar pula bakti sosial donor darah. (sol)