“Obor Asian Games” Warnai Pendaftaran Calon Lurah

987
Calon Lurah Desa Bantul, Andi Maryanto membawa “obor Asian Games” dan diarak dari Gedung DPRD ke lokasi  pendaftaran diiringi drumb band, Jumat (27/07/2018) sore. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Semangat menyambut pesta olahraga negara benua Asia, Asian Games, di Jakarta-Palembang pada Agustus mendatang, mengilhami calon lurah Desa Bantul, Andi Maryanto saat melakukan pendaftaran di hari terakhir, Jumat (27/07/2018) sore.

Suami dari dr Reni Martyastuti yang tinggal di Dusun Badegan RT 10 Desa Bantul tersebut mendaftar laksana pawai “Obor Asian Games”.

Berangkat  dengan jalan kaki dari gedung DPRD Bantul ke lokasi pendaftaran di kompleks balai desa setempat, Andi diarak grup drum band dari SMPN 1 Pandak. Sementara manager BMT Projo Arta Sejahtera (PAS) itu berada di depan barisan drum band dengan membawa obor diiringi para ‘atlet’ dari 40 Cabang Olahraga (Cabor) yang  juga dipertandingkan dalam Asian Games.

Ada pendamping yang mengenakan kostum atlet voli, karate, sepakbola, renang, balap sepeda, menembak dan cabor lainnya. Rombongan yang berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer tersebut, menarik perhatian warga yang kemudian berkerumun untuk menyaksikan di sepanjang rute yang dilalui. Banyak pula  yang mengabadikan dengan telepon seluler mereka.

Baca Juga :  Aksi Titik Nol Dipastikan Batal

Drumbn band dengan peserta 120 personel itu  juga melakukan displai atau atraksi di depan Pasar Bantul dan memukau mereka yang menyaksikan.

“Saya memilih tema Asian Games untuk memeriahkan pendaftaran sebagai calon lurah. Sekaligus ini sebagai wujud kita mangayubagyo Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga itu,” kata Andi.

Diharapkan dengan mengusung tema olahraga yang diperankan oleh para relawan, sekaligus untuk menggelorakan jiwa sportifitas yang ada dalam olahraga. Diharapkan jiwa ini bisa menjiwai pula pelaksanaan Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) Desa Bantul pada bulan Oktober mendatang.

“Sehingga dalam Pilurdes kita harus menjunjung jiwa sportifitas, fairplay dan kejujuran,”kata Andi yang merupakan pendaftar ke tujuh di Pilurdes kali ini.

Baca Juga :  Wartawan Dikeroyok dan Dirampas Ponselnya

Selain Andi enam nama lain telah menyerahkan bekas pendaftaran sebelumnya yakni incumbent HM Zubaini asal Dusun Bejen, Supriyadi Dusun Kaligawe, Supriyono Dusun Grujugan, Jiriban Dusun Badegan RT 04, R Joko asal Manguyudan Kota Jogja, serta Maryanto dari Dusun Jebuban Serayu.

Sementara Panitia Muhammad Imam Santoso mengatakan sesuai aturan perundangan untuk calon lurah desa maksimal adalah lima calon. Karena yang mendaftar tujuh, maka akan dilakukan seleksi awal dengan materi diantaranya administrasi, akademik, muatan lokal dan seleksi lain.(SM)