Obyek Wisata dan Makanan Khas Sambut Peserta Mandiri Jogja Marathon

285
Maristella Tri Haryanti menyerahkan secara simbolis dana CSR diterima oleh Sapto Winarno, Senin (09/04/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID—Pelari yang hadir dan mengikuti event Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2018, dipastikan akan menikmati kemegahan setidaknya 8 destinasi yang ada di sekitar Candi Prambanan.

Sebanyak 8 destinasi ini, tersebar di 9 desa yang masuk wilayah Sleman, dan 2 desa di wilayah Klaten Jawa Tengah.

Race Director MMJ 2018, Pandu Buntaran menjelaskan, kemegahan sejumlah destinasi ini, menemani para pelari dan atlet yang melintasi rute dengan start dan finish di Candi Roro Jonggrang.

“Setelah start, pada kilometer 13-15, peserta akan memandang lukisan Merapi. Kemudian dilanjut dengan megahnya monument Taruna Perjuangan dan Museum Pelataran di kilometer 26. Setelah itu, megahnya Candi Plaosan Lor menyambut peserta di kilometer 37-39 sebelum disambut pemandangan Candi Plaosan Kidul. Pada kilometer 40, pelari akan dapat menikmati pemandangam Candi Sewu, disusul kemudian Candi Bubrah yang sekarang sudah tidak bubrah dan Candi Lumbung sebelum finish di Candi Roro Jonggrang lagi,” kata Pandu, Senin (09/04/2018).

Dijelaskan, event yang berlangsung Minggu (15/04/2018) kali ini, akan mempertandingkan lari full marathon sejauh 42 Km, half marathon 21 Km, kemudian 10 Km dan sprint 5 Km. Secara keseluruhan, pihak penyelenggara menyediakan hadiah total senilai Rp 746 juta untuk 4 kategori.

Start pertama pukul 04.45 Wib untuk pelari full marathon 42 Km. Disusul berturut-turut pukul 05.30 Wib, pukul 06.00 Wib dan start terakhir pukul 06.30 Wib,” jelas Pandu.

Guna mengamankan peserta yang mencapai 8.000 pelari, yang diantaranya datang dari 22 negara di seluruh dunia, pihak panitia, kata Pandu, menempatkan lebih dari 900 petugas keamanan, yang terdiri dari marshall, kepolisian, karang taruna, security dari Bank Mandiri dan juga dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Vice President Corporate Communications Bank Mandiri Maristella Tri Haryanti menambahkan, selain lebih mengenalkan destinasi di sekitar Candi Prambanan, event ini diharapkan juga akan menjadi ajang wisata kuliner bagi peserta. Untuk itu berwisata kuliner ini, peserta lomba tidak perlu bersusah payah. Sebab panitia akan menyediakan aneka kuliner khas Jogja, tidak terkecuali yang saat ini mulai langka dan sulit ditemui.

“Beberapa diantaranya adalah menu-menu khas dari Keraton Jogja yang selama ini menjadi menu para raja,” ujar Lala.

Salurkan CSR

Seiring dengan penyelenggaraan Mandiri Jogja Marathon 2018, Bank Mandiri juga menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 1 miliar untuk memperbaiki infrastruktur jalan dan sarana umum di wilayah Kabupaten Sleman.

Secala simbolik, penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh Vice President Corporate Communications Bank Mandiri Maristella Tri Haryanti kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Sapto Winarno di Yogyakarta.

“Kami ingin kehadiran Bank Mandiri dapat memberikan nilai tambah yang positif bagi masyarakat. Melalui bantuan ini, kami berharap aktifitas masyarakat di wilayah sleman dan sekitarnya dapat lebih lancar sehingga dapat perekonomian lokal dapat tumbuh ke arah yang lebih baik,” jelas Maristella. (SM)